Ribuan Seniman Akan Menghiasi Deklarasi KBS-Ace dan AMAN

  • 31 Desember 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2900 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com - Ribuan seniman beleganjur serta seniman lainnya akan menghiasi deklarasi Koster Bali Satu (KBS)-Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace serta pasangan Agus Mahayastra-Anak Agung Mayun (AMAN) di Lapangan Astina, Gianyar pada 8 Januari 2018 mendatang. 

"Saya coba mengulas mengilustrasikan kegiatan pada tanggal 8 Januari 2018 sebagai deklarasi KBS-ACE dan AMAN," kata Yan Tu Prabawa, Arsitek pengerahan seniman usai pertemuan dengan seniman Beleganjur di Sekretariat DPC PDIP Gianyar, Sabtu (30/12/2017). 

Menurut Yan Tu Prabawa, deklarasi ini menjadi bagian dari aktivitas komunitas seniman dalam menggali potensi masyarakat dengan tujuan menjaga warisan seni dan budaya di Kabupaten Gianyar. 

"Atraksi baleganjur ini sebagai salah satu  contoh untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas konsep tentang parade seni dan budaya lahir di bumi seni," jelasnya. 

Baginya, konsep kegiatan yang melibatkan seniman yang datang dari berbagai pelosok desa ini merupakan sebagai salah satu pemaknaan kalau Bali itu Agung. 

"Kami sengaja menata sehingga menjadi parade yang sangat damai, disamping sebagai salah satu proses pembelajaran dalam mewujudkan nuansa sangat identik dengan seni dan budaya," katanya

Atraksinya ini, lanjutnya, nanti akan dilakukan di lapangan Astina, kemudian areal Ngurah Rai, Catus Pata depan Puri Gianyar,dan  Catus Pata Patung Kuda. 

"Para seniman ini nantinya terkondisikan untuk mensupport dalam KBS ACE dan AMAN di Kabupaten Gianyar, " terangnya. 

Selain seniman, aparat kepolisian juga akan mengawal momen ini guna menjaga ketertiban. "Intinya kita tonjolkan lebih banyak seninya dengan menghilangkan kesan show of force," ujarnya. 

Lebih jauh, ditekankan pada prinsipnya siapapun menjadi leader atau pemimpin yang menjaga nilai seni dan budaya pihaknya akan dukung. 

Sementara, Ketua DPC PDIP Gianyar, I Made Agus Mahayastra yang menjadi calon Bupati dari PDIP berpasangan dengan Agung Mayun ini mengatakan sebanyak 280 sekeha baleganjur pihaknya kerahkan dalam deklarasi sekaligus pendaftaran paket AMAN ke KPU Gianyar. Kegiatan ini menurut politisi asal Payangan Gianyar ini sebagai momen sekaligus menunjukkan kalau Gianyar adalah daerah seni.

"Setelah deklarasi kami akan mendaftar ke KPU Gianyar," tutupnya. */ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER