Deklarasi KBS-ACE Kabupaten Bangli

  • 23 Desember 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3899 Pengunjung
suaradewata.com

Bangi, suaradewata.com - Lapangan Kapten Mudita, Kota Bangli menjadi titik awal Deklarasi Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang diusung PDI Perjungan Dr. Ir. Wayan Koster, MM dan Dr.Ir. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati, M.Si (KBS-ACE). Lapangan yang berada di jantung Kota Bangli tersebut dipenuhi tak kurang dari 13 ribu massa, saat Deklarasi KBS-ACE Kabupaten Bangli, Sabtu (23/12). Tak hanya dari kader, simpatisan dan anggota PDI Perjuangan, massa yang menyemut ini juga datang dari berbagai komponen masyarakat di Bangli.

Antusias massa terlihat saat mengarak KBS-ACE yang hadir bersama istri, didampingi Wakil Ketua DPP I Made Urip, Ketua Tim Pemenangan KBS-ACE tingkat Provinsi I Nyoman Giri Prasta, Ketua Tim Pemenangan KBS-ACE Kabupaten Bangli Sang Nyoman Sedana Artha. Tampak juga mengiringi Bupati Bangli I Made Gianyar yang notabena petugas partai di eksekutif, petugas partai di legislative, pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bangli, anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Bali dapil Bangli, anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Bangli. Tampak juga hadir senior partai seperti mantan Bupati Bangli I Nengah Arnawa, Made Arimbawa dan Nengah Usdek Maharipa.  Jegeg-Bagus Bangli dan atraksi pencak silat dari pendekar Bakti Negara menyambut kehadiran pasangan ini. Pekikan KBS-ACE  menang….berulang kali terdengar mengiringi kedua calon yang berjalan sekitar 500 meter menuju Lapangan Kapten Mudita.

Cuaca Kota Bangli yang kemarin cukup terik tak menyurutkan semangat massa menunggu kehadiran KBS-ACE.  Dukungan kepada KBS-ACE tak hanya dari unsur PDI Perjuangan, terbukti dari deklarasi dukungan yang disampaikan sejumlah komponen masyarakat. Mereka terdiri dari berbagai komunitas, mulai dari seniman, Bendesa Adat, rohaniawan, petani, pensiun guru, hingga tukang ojek, naik keatas panggung mendeklarasikan dukungan dan siap mengantarkan KBS-ACE sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bali tahun 2018.  Bendesa Adat Bebalang I Nengah Mudana yang ikut mendeklarasikan dukungan menyatakan, sosok Wayan Koster  sudah banyak berbuat untuk Bangli. “Beliau (KBS) memberikan kami bantuan seperangkat gong serta bantuan lainnya untuk desa-desa di seluruh Bangli. Beliau sudah memberikan bukti, sosok yang satya wecana, sulit mencari tokoh seperti ini,”katanya. Nyoman Budiasih, pensiunan guru sangat berterimakasih kepada KBS, karena perjuangannya di pusat menyusun Undang-Undang Guru dan Dosen, guru mendapatkan tambahan kesejahteraan dengan mendapatkan tunjangan profesi.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan KBS-ACE Kabupaten Bangli Sang Nyoman Sedana Artha dalam sambutannya mengajak seluruh lapisan dan komponen masyarakat Bangli memlih pasangan KBS-ACE pada Pilgub Bali tahun 2018. Alasannya, KBS yang tiga periode duduk sebagai Anggota DPR RI telah banyak berbuat. “Puluhan wantilan, ribuan beasiswa, puluhan miliar dana APBN telah diturunkan untuk pembenahan infrastruktur khususnya hotmix jalan-jalan desa. Bapak Koster sudah memberikan bukti,”katanya. Kehadiran ribuan masyarakat dari berbagai komponen, menurutnya sebagai bukti dukungan masyarakat Bangli kepada pasangan KBS-ACE.  Hal senada juga dilontarkan Ketua Tim Pemenangan KBS-ACE Provinsi Bali I Nyoman Giri Prasta. Politisi PDI Perjuangan asal Desa Pelaga, Badung ini, mengajak masyarakat memilih calon pemimpin yang bisa membawa kesejahteraan untuk masyarakat.  Pengalaman tiga periode sebagai wakil masyarakat Bali di DPR RI menurut Giri Prasta menjadi modal untuk menata pembangunan Bali yang lebih terpola dan terarah.

KBS-ACE dalam pemaparannya bertekad menata pembangunan Bali kedepan secara holistic, melalui visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana.  Yang memiliki makna, menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia, sekala-niskala. Menuju kehidupan krama dan gumi Bali sesuai dengan prinsip Trisakti Bung Karno: Berdaulat secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan. “Jalan itu ditempuh melalui pembangunan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah, dan terintegrasi di wilayah Bali  dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,”kata KBS.

Lebih lanjut dikatakanya, Bali memiliki komposisi masyarakat dan warisan budaya yang unik, tidak ada satupun etnis di dunia ini yang persis seperti Bali. Tata cara kehidupan yang mengait dan menyatu dalam alam secara sekala dan niskala tersebut tercantum dalam nilai-nilai Sad Kertih yaitu enam sumber kesejahteraan atau kebahagiaan kehidupan yang terdiri dari: Atma Kertih, Danu Kertih, Wana Kertih, Segara Kertih, Jana Kertih, dan Jagat Kertih. Tatanan kehidupan masyarakat Bali ini merupakan Genuine Bali. Orientasi, arah kebijakan dan Program Pembangunan Bali di masa datang yang diselenggarakan dengan menerapkan Pola Pembangunan Semesta Berencana, merupakan untaian benang merah yang menghubungkan Bali dalam dimensi waktu menurut konsep Tri Semaya: Atita, Nagata, dan Wartamana, yaitu kondisi Bali di masa lalu, kondisi Bali di masa kini, dan kondisi Bali di masa datang.

Dalam konteks mengisi pembangunan Bali yang dikembangkan sesuai dengan potensi masing-masing wilayah Kabupaten/Kota, maka arah kebijakan pembangunan harus memastikan adanya keseimbangan, keadilan, dan pemerataan pembanguanan di wilayah Bali. Bangli memiliki alam yang sangat indah, ada gunung Batur, danau Batur, desa tua dengan adat istiadat, tradisi, seni, dan budaya yang luhur, pura, cagar budaya, kawasan hutan, sumber mata air, dengan udara yang sejuk, serta  masyarakatnya memliki karakter yang polos, rajin, ulet, undagi, etika, dan santun serta penuh toleransi. “Pembangunan di Kabupaten Bangli harus didorong dengan lebih cepat sesuai dengan potensi alam yang dimiliki, dengan tidak boleh merusak alam dan budaya yang ada ditengah-tengah masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bangli,”tegasnya. Pada akhir pemaparannya, KBS-ACE memohon doa dan dukungan kepada seluruh lapisan masyarakat Bangli, agar bisa melaksanakan konsep pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Bali secara keseluruhan. gin/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER