Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bali Clean and Green, Komunitas Sapu Bersih Sampah Plastik

  • 10 Desember 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3634 Pengunjung
suara dewata

Gianyar, suaradewata.com – Puluhan orang dari beberapa komunitas pecinta lingkungan, melakukan aksi bersih  -bersih sampah plastik di Pantai Lembeng, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Minggu (10/12). Aksi bersih sampah plastik sudah menjadi agenda mingguan komunitas yang terdiri dari Trash Hero, TolTol, Relawan Jumantik Cilik, Relawan Kebersihan cilik, Room 121.

Putu Tata (11) ketua relawan kebersihan cilik dari Desa Guwang, Sukawati mengatakan, ia bersama teman-teman di lingkungannya tergabung dalam relawan kebersihan karena tergerak dengan banyaknya sampah plastik yang terbuang begitu saja menjadi sumber berbagai penyakit dan penyebab saluran air mampet sehingga banjir. “Setiap hari minggu pagi, kami dari relawan kebersihan cilik mengikuti kegiatan bersih sampah plastik. Selain di pantai, kami juga membersihkan sampah di lingkungan rumah dan saluran air,” terang Tata yang masih duduk di kelas V SD ini.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Desa Guwang yang juga selalu mengikuti aksi bersih sampah plastik bersama komunitas ini, I Nyoman Parta menjelaskan, relawan cilik yang terbentuk seperti Relawan Jumatik Cilik memiliki kelebihan disbanding kader jumatik maupun Ibu – ibu PKK yang sering melakukan pemeriksaan jentik ke rumah-rumah warga. Mereka lebih berani masuk ke rumah warga yang ada di lingkungannya dan memeriksa tempat-tempat penampungan air mencari jentik-jentik nyamuk penyebab demam berdarah dan langsung memberitahu pemilik rumah untuk mengurasnya. “Biasanya orang dewasa yang menjadi kader jumantik sering merasa ewuh pakewuh masuk ke rumah orang, tapi anak-anak ini berani,” jelas Parta yang juga anggota DPRD Bali ini.

Ketua Komisi IV DPRD Bali ini menambahkan, semenjak wabah demam berdarah terjadi di desa Guwang beberapa waktu lalu, banyak anak-anak yang sadar akan kebersihan lingkungan dan tergerak untuk melakukan aksi bersih-bersih. “Saya bangga dengan semangat mereka yang bangun pagi-pagi setiap hari Minggu untuk mengikuti kegiatan membersihkan sampah. Bahkan saya pun sering dijemput ke rumah oleh mereka,” ujarnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER