PKK Selemadeg Juara Lomba Cipta Menu B2SA

  • 28 November 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3104 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com - Guna mengangkat pangan lokal daerah, yang dapat dijadikan sebagai menu utama atau pedamping yang memenuhi syarat sehat dan bergizi, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabanan menggelar lomba cipta menu pangan beragam,bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal tingkat Kabupaten Tabanan.

Lomba yang diikuti oleh TP PKK 10 kecamatan tersebut  dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan  Sekda Kabupaten Tabanan  I Wayan Miarsana, Selasa( 28/11 ) di Lapangan Tenis Alit Saputra

Ketua panitia yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabanan Ni Ketut Warsiki mengatakan  lomba cipta menu pangan beragam bergizi, seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal merupakan agenda nasional setiap tahun dilaksanakan di tingkat kabupaten,provinsi dan nasional.Lomba tersebut  pelaksanaan juga dirangkaian dengan perayaan HUT Kota Tabanan yang ke-524. ” Ini  bertujuan untuk mengangkat pangan lokal daerah yang dapat dijadikan menu utama atau pendamping yang memenuhi syarat sehat dan bergizi,” ucapnya.

Warsiki menambahkan dalam penilaiannya melibatkan juri dari berbagai kalangan,terdiri dari Tim PKK Kabupaten Tabanan, Ahli gizi, higienis dan sanitasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, ahli kuliner akademisi pariwisata. " Tim juri terdiri dari Tim PKK Kabupaten Tabanan, Ahli gizi, higienis dan sanitasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, ahli kuliner akademisi pariwisata.Dari penilaian tersebut kita akan mencari  4 juara, juara favorit, 3,2 dan juara 1 akan diikut sertakan dalam lomba cipta menu tingkat proinsi bali, "jelasnya. 

Sedangkan Bupati Tabanan dalam sambutanny yang dibacakan  Asisten perekonomian dan pembangunan Sekda Kabupaten Tabanan  I Wayan Miarsana mengatakan momentum lomba cipta menu ini sangat penting untuk mendukung terciptanya peningkatan konsumsi pangan guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mengajak masyarakat Tabanan untuk sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi berimbang." Hal ini sangat penting dalam rangka memantapkan pembangunan ketahanan pangan nasional, khususnya ditingkat daerah, peningkatan diversifikasi pangan menuju hidup sehat cerdas, akif dan produkif sesuai Visi Tabanan Serasi,  Sejahtera Aman dan Berprestasi,khususnya program gerbang pangan serasi,”  ujarnya.

Miarsana melanjutkan, dengan diversifikasi pangan dan mengoptimalkan lahan pekarangan akan menjadikan masyarakat yang mandiri pangan dengan slogan pangan beragam, bergizi dan berimbang.” Melalui lomba kreasi olahan pangan lokal ini, saya harap bisa menjadi sumber pangan alternatif dengan beragam kreasi yang dapat menggugah selera sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada beras,”harapnya.

Dalam lomba tersebut, juara favorit diraih oleh tim PKK kecamatan Kediri, untuk juara 3 diraih tim PKK kecamatan Selemadeg Timur, juara 2 diraih tim PKK kecamatan pupuan dan Kecamatan Selemadeg ditetapkan sebagai juara 1, dan berhak mewakili Tabanan dalam lomba cipta menu tingkat Provinsi Bali. rls/ayu/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER