Pemkab Karangasem Jalin Kerjasama Dengan Stimik Primakara Luncurkan Sigmal

  • 20 November 2017
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2878 Pengunjung
ist

Karangasem, suaradewata.com - Dalam rangka mempermudah mencari data Kepengungsian, Logistik terkait bencana erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Pemkab Karangasem tanda tangani MoU dengan STIMIK Primakara terkait Aplikasi Sistem Informasi Geografis Manajemen Pengungsian dan Logistik (Sigmal), penandatanganan kerjasama yang langsung dilakukan Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri dengan Ketua STIMIK Primakara I Made Artana ini disaksikan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Kasdim 1623 Karangasem, Ketua Organisasi Pengusaha Pemuda Cabang Bali, Ida Bagus Oka Gunartawa, bertempat di Posko Induk Tanah Ampo, Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem, Senin (20/11/2017). 

I Made Artana, Ketua Yayasan Stimik Primakara mengatakan, menyikapi berbagai pemasalahan tentang pendataan pengungsi, logistik dan lain sebagainya yang sedang dihadapi Kabupaten Karangasem, pihaknya mencoba menawarkan batuan dengan memberikan aplikasi Sigmal yang dirancang pihaknya dengan melibatkan beberapa pihak. “Sistem ini berpungsi untuk pengumpulan data secara sistematis dari berbagai posko dan bagaimana cara menyajikan secara sistematis kepada publik,” ucapnya. 

Artana juga mengatakan, setelah berkoordinasi dan mendapat izin dari Pemerintah Kabupaten Karangasem, pihaknya langsung menindaklanjutinya dengan merancang dan menjalankan aplikasi tersebut. “Yang sulit bukan membuat aplikasinya tetapi bagaimana membuat aplikasi ini supaya bisa bekerja semaksimal mungkin," ujarnya. sembari menjelaskan data atau informasi yang ada dalam aplikasi ini adalah data pengungsi, kebutuhan logistik, dan fasilitas pengungsi. “Bilamana ingin mengetahui situasi dan kondisi pengungsi bisa langsung dilihat lewat aplikasi Sigmal ini, aplikasi ini bisa langsung di unduh di Handphone jenis Android melalui Playstore,” imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, dalam sambutannya mengatakan, Asosiasi Pengusaha Pemuda yang di ketuai oleh Ida Bagus Gunartawa bersama I Made Artana, Ketua Yayasan STIMIK Primakara, telah mau memberikan inovasinya kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem. “Saya atas nama pribadi dan pemerintah sangat mengapresiasi dan berterimakasi banyak, semoga dengan aplikasi ini Kabupaten Karangasem bisa lebih maju dan lebih mudah dalam menghitung jumlah pengungsi dan juga lebih mudah dalam menginformasikan kepada masyarakat," kata Mas Sumatri. 

Pihaknya dalam kesempatan itu meminta agar OPD yang membidangi bisa mempersiapkan diri dalam mengoprasikan aplikasi Sigmal ini dan berusaha bagaimana supaya aplikasi ini bisa terus dikembangkan lebih lanjut. “Saya berharap kegiatan ini jangan selesai sampai disini saja, mari kita bersama-sama membangun Karangasem cerdas untuk menuju yang lebih maju,” pungkasnya. nov/rls/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER