Gubernur Pastika Buka Pasamuhan Agung VI Majelis Desa Pakraman Bali

  • 15 November 2017
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2972 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat membuka Pasamuhan Agung VI Majelis Desa Pakraman (MDP) Bali dengan tema ‘Penguatan Eksistensi Desa Pakraman Menghadapi Tantangan Global’ di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Denpasar, Rabu (15/11).

Pastika menyampaikan, komitmen untuk meningkatkan eksistensi desa pakraman, harus dimulai oleh parajuru majelis dan parajuru desa pakraman, bersama Pemerintah.

“Salah satunya adalah peningkatan kapasitas parajuru, melalui berbagai program/kegiatan,” ujarnya.

Bendesa Agung Majelis Utama Desa Pakraman Jero Gede Suwena Putus Upadesa mengatakan banyak hal yang perlu dibahas untuk menghadapi perubahan era globalisasi yang sangat cepat.

Menurutnya kekuatan yang dimiliki Bali adalah sumber daya manusianya. Oleh karena itu bagaimana meningkatkan kualitas SDM di Bali untuk mewujudkan desa pakraman yang sejahtera. Jangan sampai SDM di Bali diperlemah dengan narkoba dan sifat sifat negatif lainnya, tambahnya.

“Kita perlu akui masih banyak parajuru yang perlu ditingkatkan kualitas dirinya agar desa pakraman bangkit,” ujarnya.

Gubernur Pastika juga mengatakan Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen untuk menjaga kelestarian adat dan budaya Bali yang bernafaskan agama Hindu melalui berbagai program yang diarahkan demi pemberdayaan krama dan lembaga desa pakraman, serta lembaga tradisional lainnya. Salah satunya adalah kontinuitas pemberian bantuan keuangan yang dialokasikan dalam APBD Provinsi Bali yang terus mengalami peningkatan.

Pasamuhan Agung dihadiri oleh sekitar 325 orang peserta baik dari Majelis Utama Desa Pakraman, Majelis Madya Desa Pakraman, Majelis Alit Desa Pakraman, akademisi, LSM dan undangan lainnya.


Tampak hadir Ketua FKUB Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, Ketua PHDI Bali yang juga Rektor IHDN Prof. Dr.Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, Kepala Biro Kesra AA Gede Geriya, anggota Forkopimda Bali dan undangan lainnya.pur/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER