Mabes Polri Luncurkan “HELP ME” Sistim Peringatan Dini Berbasis Android

  • 20 Oktober 2017
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3413 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Mabes Polri secara resmi meluncurkan aplikasi “Help Me” sebuah aplikasi kebencanaan berbasis android yang bisa diinstal oleh seluruh masyarakat Karangasem dan Bali. Aplikasi ini merupakan sistim peringatan dini atau Early Warning System yang bisa memberikan peringatan tanda bahaya kepada masyarakat penggunanya jika terjadi erupsi Gunung Agung. Secara otomatis HP android warga yang sudah terinstal aplikasi ini akan berbunyi dengan keras mengeluarkan suara sirine, sebagai peringatan agar warga waspada dan mencari tempat yang aman.

Peluncuran aplikasi sistem peringatan dini ini dilakukan langsung oleh Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol. M. Iriawan di Gedung UKM Center, Amlapura, Jumat (20/10/2017). Dalam kesempatan itu hadir juga Kapolda Bali, Irjen Pol. Reinhard R Golose, Kabid Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi, Gede Suantika, Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri dan unsur dari BNPB. Serta para stakeholder dan pemangku kebijakan yang terkait dengan penanganan aktivitas vulkanik Gunung Agung.

Irjen. Pol. M. Iriawan mengatakan pemanfaatan teknologi penting untuk mempercepat informasi sampai ke masyarakat. Melalui aplikasi tersebut, menurut dia, Polri berusaha meminimalisir potensi jatuhnya korban seperti yang terjadi dalam erupsi Gunung Merapi tahun 2010 lalu. “Erupsi Gunung Merapi menelan banyak korban jiwa karena adanya aktivitas masyarakat di zona bahaya. Dengan memanfaatkan teknologi, kita ingin mewujudkan zero korban sesuai arahan Presiden,’’ tegasnya.nov/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER