SMSB Bantu Pengungsi Gunung Agung yang Tak Sentuh Bantuan

  • 28 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2905 Pengunjung
istimewa

Denpasar, suaradewata.com - Komunitas Sahabat Media Sosial Bali (SMSB) menggelar aksi penyerahan bantuan untuk pengungsi Gunung Agung di Posko 1 di Jln. Danau Tempe dan Dusun Siakin, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Rabu (27/9/2017).

Menurut Humas SMSB, Putu Agus Supendi di Denpasar pada Kamis (28/9/2017),  SMSB merupakan komunitas bagi para pegiat media sosial berbasis aplikasi Instagram yang selama ini aktif menyebarkan informasi kepada warganet di Pulau Dewata. 

Ditambahkannya, SMSH berawal dari kegelisahan sejumlah pegiat media sosial di Bali untuk ikut membantu para pengungsi Gunung Agung. Setelah bertemu dan kemudian terbentuk, pihaknya pun melakukan aksi penggalangan dana.

"Kami selama ini terus memosting info terkini soal status bencana Gunung Agung. Dan kami kemudian terdorong ingin berbuat nyata untuk meringankan penderitaan saudara-saudara kami di pengungsian," katanya.

Kemudian pihaknya pun menggalang bantuan dari masyarakat melalui postingan di akun Istagram masing-masing maupun aksi turun ke jalan. "Bantuan yang berhasil kami kumpulkan adalah berkat dukungan dari berbagai pihak  dengan caranya masing-masing untuk ikut membantu bagi mereka yang membutuhkan," jelasnya.

Selanjutnya ia menturkan kondisi di lokasi pemberian bantuan yakni di Dusun Siakin. Di sana, ada tiga rumah warga yang dijadikan tempat mengungsi bagi kurang lebih 75 warga dari Desa Belong, Kecamatan Kubu,  Karangasem.

"Para pengungsi di Dusun Siakin ini sama sekali belum tersentuh bantuan dari pihak mana pun kecuali dari masyarakat setempat saja. Di tempat ini kami menyerahkan bantuan  berupa sembako, kebutuhan MCK, pakaian dan lain lain," ungkapnya.

Karena masih banyaknya warga pengungsi Gunung Agung yang belum tersentuh bantuan, pihaknya pun bertekad akan terus menggalang bantuan. "Kami akan terus memantau serta saling membagikan informasi untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan hingga sampai situasi kembali aman," ujarnya.

Untuk itu pihak pun mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi membantu meringankan penderitaan para pengungsi bencana Gunung Agung.

"Mengingat jumlah pengungsi yang begitu besar mencapai puluhan ribu jiwa, maka tak cukup hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah saja. Jadi semua pihak termasuk masyarakat pun mesti ikut membantu. Dan apa yang ditunjukan masyarakat Bali untuk membantu pengungsi sangat luar biasa," pungkasnya.

Mereka yang tergabung dalam SMSB adalah @Info_Tabanan, @Denpasar.Viral, @InfoBadung, @Info_Singaraja, @Bali_Punya_Cerita, @DenpasarNow, @ApaKabarBali, @BaliPageants, @InfoGianyar_, @PunapiBali, @InfoDenpasar, @InfoBangliBali, @CeritaTabanan, @InfoJembrana, @InfoKarangasem_Id, @BaliHeadline, @eventco.bali. not/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER