Mengalir 4 Jam Sehari, Warga Candikuning 2 Berencana Demo PDAM

  • 24 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3193 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com - Air PDAM di Banjar Candikuning 2, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, hanya mengalir selama 4 jam perhari. Hal tersebut terjadi sejak awal Januari 2017 hingga akhir September 2017. Salah satu warga yakni Syamsuddin, 52, mengatakan air PDAM ada di rumahnya mati terus. Bahkan dirinya saat mencuci pakaian dan mencuci piring pun tertunda. 

"Sudah berapa kali air PDAM mati, ada sekitar awal Januari hingga sekarang," ucap Syamsuddin kepada media suaradewata.com, Minggu, (24/09/2017). 

Dia menerangkan, air PDAM hanya mengalir selama 4 jam dari pukul 24.00 wita sampai pukul 04.00 wita tiap harinya. Bahkan air PDAM hanya mengalir kecil dan sisanya keluar angin. Dan dirinya pun tampak bingung untuk memenuhi kebutuhan air dirumahnya.

"Airnya mati terus, sampai begadang saya untuk nunggu airnya mengalir," terangnya.

Sementara, Kepala Dusun Banjar Candikuning 2, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti yakni Ariel Azkacetta membenarkan air PDAM di wilayah Banjar Candikuning 2, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti sudah berkali - kali mati terus. Dan sampai-sampai warganya tidak merasa keadilan. Sedangkan masyarakat di Banjar Candikuning 2 terap membayar beban dan hanya keluar angin. 

"Bahkan kami secara kedusunan sudah koordinasi dengan pihak PDAM apa permasalahannya, kita tanya alasannya mereka bingung, kenapa didusun kami gak dapat air, sedangkan di Banjar sebelah lancar non stop airnya," ucap Ariel.

Selain itu, selama air PDAM mati di wilayahnya, dirinya mengaku belum mendapatkan pemberitahuan bahwa air PDAM mati. Menurutnya apabila air PDAM mati seharusnya ada pemberitahuan ke Banjar Candikuning 2. Dan juga dirinya mengaku sudah koordinasi dengan pihak Humas PDAM Tabanan per telepon, katanya akan membawa laporan darinya ke tingkat yang lebih atas. Masyarakat pun berencana menggelar demo di Kantor PDAM Tabanan, aApabila kedepannya pelayanan PDAM di Banjar Candikuning 2 tetap seperti itu.

"Bahkan ada warga ingin demo dan saya tetap tahan agar tidak terjadi kericuhan, kelau terus begini kedepannya kami tidak tahu apa yang akan terjadi," terangnya.

Dipihak lain, Kabag Hubungan Langganan PDAM Tabanan Ida Bagus Marjaya Wirata saat dikonfirmasi terkait hal tersebut mengatakan untuk di Banjar Candikuning 2 Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti memang airnya disana tersendat. Dikarenakan grafitasi tempat tersebut berada didaerah tinggi. Dari pihak unit PDAM Baturiti sudah berkoordinasi dengan Kepala Dusun Candikuning 2, bahwa akan ada rencana penyempurnaan jaringan dengan pemasangan pipa dua, untuk pengerjaannya akan direncanakan dimulai pada hari Senin, (25/09/2017). Dan pengerjaan tersebut akan memakan waktu kurang lebih sekitar 1 minggu.

"Memang airnya disana tersendat, karena daerahnya tinggi disana, dan akan ada penyempurnaan jaringan dengan pemasangan pipa dua ke daerah tersebut, dan sudah dikoordinasikan dengan Kepala Dusun Candikuning Dua, rencananya mulai besok (Senin, 25/09/2017) dikerjakan," ucap Marjaya. ang/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER