Bangun Masyarakat Tangguh, Ini Yang Diserukan Wabub Bangli Saat Hut PMI

  • 17 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3066 Pengunjung
suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com – Ada yang menarik yang diserukan Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Minggu (17/9), saat memimpin jalannya apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-72 di Kabupaten Bangli. Pada kesempatan itu Wabup Sedana Arta juga mengumandangkan seruan “Merdeka” merdeka dari bencana, merdeka dari permasalahan kesehatan dan merdeka dari persoalan sosial.

Lebih lanjut Wabup Sedana Arta menyampaikan, pada tahun ini PMI telah menginjak usia 72 tahun. Yangmana PMI lahir tepat sebulan setelah kemerdekaan bangsa ini. Namun dalam kenyataanya, jelas Wabup Sedana Arta, saat ini kemerdekaan masyarakat masih terhalang oleh berbagai peristiwa bencana. Di beberapa wilayah tanah air, masih banyak masyarakat yang terkena atau terancam dampak bencana seperti letusan gunung berapi, banjir longsor, kekeringan, kebakaran serta bencana karena kemiskinan, sehingga mengakibatkan masyarakat mengalami kehilangan, baik anggota keluarga, kerabat maupun harta benda.

Oleh karenanya, melalui HUT ke-72, PMI mengankat tema “Membangun Masyarakat Tangguh”. Jelas Wabup Sedana Arta, tema ini dimaksudkan sebagai pendorong bagi anggota PMI sebagai insan pekerja kemanusiaan untuk terus tanpa henti dan tak kenal lelah membantu masyarakat, utamannya melakukan kegiatan-kegiatan pengurangan resiko menghadapi bencana dan mengatasi masalah-masalah sosial serta kesejahteraan masyarakat. Kata Wabup Sedana Arta, tugas ini tentu tidak mudah. Oleh karenanya, PMI harus terus meningkatkan dan mempererat kerjasama dengan para mitra, pemangku kepentingan, instansi lintas sektoral, untuk bersama membangun masyarakat yang dapat melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengurangan resiko bencana secara mandiri serta memperkuat ketahanan sosial masyarakat.

Kesiapan menghadapi dan mengurangi resiko bencana, sambung Wabup Sedana Arta, harus menjadi bagian dari budaya kita semua agar masyarakat selalu siap siaga dan tumbuh menjadi masyarakat yang yang tangguh terhadap bencana yang dapat diakibatkan oleh berbagai peristiwa dan kondisi. “Untuk menjadi bangsa yang mandiri, kita minta semua pihak, khususnya anggota PMI untuk bisa selalu siap siaga dalam menghadapi bencana dan mengatasi masalah-masalah sosial serta kesejahteraan masyarakat”pintanya. Apel peringatan HUT PMI ke-72 yang dipusatkan dilapangan Kantor Bupati Bangli juga diisi dengan berbagai kegiatan lomba gembira seperti estapet air, estapet bola pingpong dan estafet kelereng oleh pengurus dan anggota PMI dan PMR se-Bangli.ard/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER