Merayakan Idul Adha, Bagi-bagi Daging Hewan Kurban

  • 02 September 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2794 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Wujud toleransi antar umat beragama di Kabupaten Gianyar, warga nonmuslim ikut kebagian paket daging hewan kurban saat perayaan Idul Adha. Seperti yang dilakukan umat muslim di Masjid Al A'la Gianyar, Sabtu (2/9) kemarin. Sebanyak 8 sapi dan 34 ekor kambing disembelih untuk selanjutnya dibagikan kepada 2.200 warga. Termasuk diantaranya, disiapkan khusus sebanyak 60 paket daging kambing untuk warga sekitar masjid yang nonmuslim.

Menurut Ketua Panitia Hari Besar Agama Islam Kabupaten Gianyar Nurwidyaswanto, kebiasaan ini sudah dilakukan secara turun temurun hingga saat ini. Hal tersebut sebagai ucap syukur dan berbagi kebahagiaan dengan warga sekitar masjid. "Ada beberapa panitia yang jalan ke rumah-rumah warga non muslim memberikan daging kambing. Jadi sebagai ungkapan syukur," jelasnya. Sementara untuk pembagian hewan kurban pada umat muslim digunakan sistem kupon. "Supaya tertib dan rapi, kami sudah sebar 2.200 kupon," jelasnya. Ribuan umat yang kebagian daging tersebar di wilayah Kota Gianyar, Samplangan, Bukit Jati dan Sidan. Selain itu, pembagian daging hewan kurban juga diberikan kepada para tahanan di Rutan Gianyar. "Kami kirimkan kesana sskitar 75 paket," ujarnya.

Dalam pelaksanaan kurban kali ini, sejumlah pejabat di Gianyar ikut menyumbangkan hewan kurban. Seperti Kapolres Gianyar menyumbangkan seekor sapi, Bupati Gianyar 2 ekor sapi, Dandim 1616/Gianyar menyumbang 1 ekor kambing, dan Wakapolres Gianyar menyumbang 2 ekor kambing.

Di tempat terpisah, penyembelihan hewan kurban juga dilangsungkan pada H+1 Idul Adha 1438 H, yakni di Masjid Nurul Yaqin Semabaung. Kegiatan pemotongan hewan qurban di pimpin oleh ketua panitia hari raya kurban Haji Subandia. Hewan Qurban yang disembelih atau dipotong sebanyak 13 ekor sapi yang dibagikan kepada 2.100 umat muslim di wilayah seputaran Semebaung, Margasengkala, Wanayu, Tegalinggah, Bedulu, Pejeng dan Buruan. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER