Ny Ayu Pastika Ajak Masyarakat Bangun Kepekaan Lingkungan

  • 27 Juli 2017
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 3153 Pengunjung
suaradewata.com

Denpasar, suaradewata.com - Ny Ayu Pastika saat menghadiri acara Peringatan Hari Anak Nasional Provinsi Bali Tahun 2017, di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, pada Kamis (27/07). 

“Saya mengajak mseluruh masyarakat untuk membangun kepekaan terhadap munculnya tanda-tanda awal kekerasan terhadap anak. Begitu satu tanda muncul, segera berikan perlindungan. Jangan biarkan anak menjadi korban atau mengalami penderitaan sendiri," ujarnya. 

Sementara itu, dalam sambutan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika yang dalam kesempatan tersebut dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Ida Bagus Kade Subhiksu menyampaikan harapan besarnya terhadap anak-anak generasi penerus bangsa sebagai motor pembangunan bangsa yang lebih baik di masa depan. 

Untuk menjaga anak-anak dari segala hak yang seharusnya diperoleh, maka Gubernur Pastika berpesan agar seluruh pemangku kepentingan hendaknya melakukan evaluasi dan memastikan terhadap pemenuhan hak-hak anak seperti hak untuk hidup dan bertahan, hak untuk tumbuh dan berkembang, hak untuk berpartisipasi dan hak untuk mendapat perlindungan dari kekerasan dan deskriminasi. 

Selain itu, Gubernur Pastika juga menyampaikan bahwa data Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Bali menunjukkan kasus kekerasan terhadap anak masih sering terjadi. Rata-rata 199 anak mengalami salah satu atau lebih dari kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual, penelantaran anak dan eksploitasi.

Kepala Dinas PPPA Provinsi Bali, Ni Luh Putu Praharsini melaporkan bahwa dalam rangka pelaksanaan hari Peringatan Anak Nasional, telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan anatar lain: Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Anak di laksanakan di Kabupaten Gianyar, Bangli dan Tabanan. Juga telah menyelenggarakan kegiatan Advokasi Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak; kegiatan Penguatan Pemenuhan Hak Partisipasi Anak dengan Seleksi Duta Anak melalui Mimbar Anak Bali yang telah dilaksanakan dari tanggal 15-17 Juli 2017; kegiatan Bakti Sosial ke Yayasan Kupu-Kupu Bangli dan Kunjungan LAPAS Anak oleh Forum Anak Daerah Provinsi Bali. 

Dalam acara peringatan hari anak yang dihadiri oleh 400 peserta tersebut, juga dilaksanakan acara seminar dengan tema “Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga”, yang diisi oleh narasumber dari Psikolog Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali dan siswi dari SMA Negeri Bali Mandara, dipandu siswa dari SMA Negeri 3 Denpasar, dan juga Pengukuhan Forum Anak Daerah (FAD) Bali periode tahun 2017-2019 yang diketuai oleh Ade Agus Kusuma Putra.pur/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER