Meningkatkan Profesional Guru Melalui Seminar PTK

  • 29 April 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 7482 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com – 35 guru dari 5 SMP yang ada di Blahbatuh, Ubud dan Gianyar mengikuti Seminar Penelitian Tindakan Kelas yang diadakan di SMP 1 Blahbatuh, Jumat – Minggu (28-30 April 2017). Seminar yang bertujuan untuk meningkatkan professional guru ini, sebagai salah satu persyaratan guru-guru untuk menuju jenjang pangkat yang lebih tinggi.

Sesuai dengan peraturan perundangan yang ada, setiap guru yang akan naik pangkat dari jenjang IIIb keatas, diwajibkan membuat sebuah karya tulis sebagai penilaian khusus dalam angka kredit. Karya tulis dimaksud berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang banyaknya ditentukan sesuai keperluan penilaian dan wajib dipublikasikan atau diseminarkan. Ketua Panitia seminar I Wayan Brata S.Pd., mengatakan, seminar PTK yang dilaksanakan bertujuan mengadakan penyempurnaan karya tulis yang kiranya masih bermasalah.  “Disamping itu pula, membiasakan para guru untuk mampu menyusun karya tulis sebagai persyaratan utama dalam kenaikan pangkat,” ujarnya.

Peserta seminar sendiri sebanyak 35 orang guru dari 5 sekolah, yakni SMP Negeri 1 Blahbatuh, SMP Negeri 2 Blahbatuh, SMP Swasta Blahbatuh, SMP Negeri 1 Ubud dan SMP Negeri 2 Gianyar. Sedangkan waktu pelaksanaan seminar berlangsung selama 3 hari Jumat sampai dengan Minggu (28-30 April 2017).

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar I Wayan Sadra MH yang hadir saat pembukaan seminar menjelaskan, untuk membantu guru-guru dalam penyusunan karya tulis yang digunakan sebagai persyaratan kenaikan pangkat, Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar telah membuatkan ruangan khusus di lingkungan Kantor Dinas Pendidikan. Ruangan tersebut akan menjadi tempat tim penilai berkoordinasi antara tim penilai dan guru. “Sehingga tidak ada lagi guru yang kesulitan mencari tim penilai ke rumahnya saat menyusun karya tulis, cukup datang ke dinas pendidikan hari Jumat atau Sabtu,” terang Sadra.

Setiap peserta seminar, diberikan waktu 10 menit untuk menyajikan karya tulisnya dan 20 menit melakukan tanya jawab seputar karya tulis tersebut. Tim penilai myang terdiri dari 3 orang yakni, Wayan Mawa M.Pd., Desak Rohika M.Pd., dan Ketut Natakesuma M.Pd., akan memberikan penilaian dari presentasi yang disajikan para peserta. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER