Persembahyangan Bersama di Pura Kehen Awali HUT Kota Bangli

  • 25 April 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 4586 Pengunjung
suaradewata.com

Bangli, suaradewata.com – Mengawali serangkaian peringatan HUT Kota Bangli ke- 813 yang jatuh pada tanggal 10 Mei 2017 mendatang,  Pemkab Bangli, melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Kehen. Persembahyangan bersama itu, dipimpin Bupati Bangli I Made Gianyar, Selasa (25/04/2017). Pada kesempatan itu juga tampak hadir Sekda Bangli Ida Bagus Giri Putra, Muspida, beserta seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Bangli. Persembahyangan dipuput oleh Jro Gede Kehen. 

Bupati Bangli I Made Gianyar saat itu, menyampaikan persembahyangan bersama sudah rutin di laksanakan sebelum pelaksaaan hari- hari besar yang di peringati di kabupaten Bangli, termasuk  perayaan HUT Kota Bangli.  “Mari kita  tingkatkan srada bakti kita kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa, sehingga Beliau selalu melindungi dan memberikan anugrah bagi seluruh masyarakat Bangli,” ungkap Bupati Made Gianyar. 

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Panitia Permanen HUT Kota Bangli, Ida Bagus Giri Putra. Kata dia, serangkaian HUT Kota Bangli, persembahyangan di Pura Kehen wajib dilaksanakan. Sebab lanjutnya, HUT Kota Bangli terlahir karena didasari atas Prasasti  Pura Kehen. Dan isi prasati Pura Kehen juga di sampaikan  pada setiap acara seremonial perayaan HUT Kota Bangli. Karena atas anugerah Raja Bangli, Kota Bangli bisa terbentuk dan dipertahankan hingga kini. “Jadi Kabupaten Bangli tidak bisa di pisahkan dari keberadaan Pura Kehen,” bebernya. 

Pada hakekatkanya, persembahyangan bersama itu dimaksudkan mengingatkan kembali anugrah yang di berikan oleh Ida Betara Sakti Pura Kehen terhadap Desa Bangli dan terbentuk menjadi Kota Bangli. Disamping itu, persembahyangan bersama dilaksanakan  untuk memohon keselamatan, kedamaian, segenap masyarakat Bangli menuju  Gita Santi. 

Mantan Sekwan ini lebih lanjut menyebutkan, serangkaian HUT Kota Bangli bakal digelar berbagai kegiatan seperti senam poco-poco tingkat SD, lomba penjor, senam lansia, lomba sepeda hias dan kegiatan lainnya. “Kita juga akan menggelar lomba drumband siswa SD dan SMP se-Bali,” kata IB. Giri. Selain lomba-lomba, peringatan HUT Kota Bangli, tahun ini juga bakal diisi dengan kegiatan sosialisasi FKUB, kegiatan gemar makan ikan (gemarikan), penebaran benih ikan, kontes anjing, gerak jalan, karnaval PAUD, serta kegiatan social donor darah. Sebagai bentuk kecintaan terhadap seni dan budaya, panitia juga telah merancang untuk menggelar pembukaan pesta kesenian Bali Kabupaten Bangli dan pawai budaya, Kamis (11/05). Bedanya, jika pawai budaya yang pada tahun sebelumnya hanya diikuti oleh perwakilan kecamatan, pada tahun ini pawai budaya bakal diikuti oleh perwakilan kabupaten se-Bali.  ard/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER