Pemprov Gelar Safari Kesehatan Keliling Di Desa Takmung

  • 17 April 2017
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 3473 Pengunjung
google

Klungkung, suaradewata.com - Pemprov Bali terus berusaha membuka akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya di wilayah yang terpencil dan jauh dari tempat pelayanan kesehatan. Kali ini Tim Layanan Safari Kesehatan menyasar Desa Takmung Kabupaten Klungkung. “Setiap hari Jumat kita menggelar Safari Kesehatan minimal di dua desa, tapi karena hari ini Penampahan Kuningan tetap diadakan namun hanya di desa ini saja,” kata Gubernur Bali, Made Mangku Pastika saat mengunjungi Safari Kesehatan di Banjar Sidayu, Desa Takmung Klungkung, Jumat (14/4).

Pastika menegaskan, tujuan kegiatan ini untuk mendekatkan akses kesehatan kepada masyarakat terutama untuk para lansia, yang ada keterbatasan akses ke Puskesmas atau ke tempat kesehatan lain. Pelayanan kesehatan meliputi pelayanan kesehatan dasar dan juga kesehatan mata. “Selain itu untuk para lansia yang terlantar, kita memberikan suport moril terutama, disamping materiil berupa beras dan sebagainya,” ujar Pastika.
Pastika menambahkan dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak muda sadar bahwa ada tanggung jawab kepada orangtuanya. “Saya hanya ingin mendorong anak-anak muda kita sadar bahwa ada tanggung jawab dia kepada orang tuanya, terutama saat-saat hari raya seperti ini,” harapnya.

Bertepatan dengan Penampahan Kuningan ini, layanan safari kesehatan juga diharapkan dapat mendidik diri kita, agar tidak mengumbar nafsu. Hal ini dimaknai sebagai menampah nafsu terutama keserakahan, makan banyak dan cenderung bersenang-senang menjelang hari raya sementara masih ada warga didaerah lain yang tidak mampu menikmati hal serupa.

Lebih lanjut Pastika mengharapkan gebrakan layanan safari kesehatan yang dilakukan setiap hari Jumat ini, sebagai upaya untuk mengetuk hati semua pihak, agar terjetuk hatinya untuk berbagi. Selain itu pihaknya juga mengajak semua pihak untuk memulai ikut berperan serta dalam ‘Gerakan Seribu Rupiah Sehari’, yang dikumpulkan untuk kepentingan warga kurang mampu, sebagai upaya menyalurkan kegiatan manusa yadnya yang akan disalurkan sebagai bantuan kepada masyarakat kurang mampu yang ada di Bali, melalui Yayasan Atas Nama Orang Miskin (ANOM).

Kegiatan serupa telah dilaksanakan di beberapa lokasi, seperti Jumat pada minggu lalu di Banjar Wates Kaja, Desa Duda Timur dan Banjar Kalanganyar, Desa Sidemen, Kabupaten Karangasem. Turut hadir pada kesempatan tersebut Karo Humas, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,  Inspektur Provinsi Bali, Kadis Kesehatan, Direktur RS Mata Indera, dan Sekda Klungkung.jul/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER