Bupati Buka STQ Ke-XXIV Kabupaten Karangasem

  • 12 Maret 2017
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3461 Pengunjung
istimewa
Karangasem, suaradewata.com - Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke XXIV Tingkat Kabupaten Karangasem Tahun 2017 dipusatkan di Aula Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Amlapura, Minggu (12/03/2017). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos.,MAP dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karangasem, Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD terkait di lingkungan Kabupaten Karangasem, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, Camat dan Kades serta undangan lainnya.
 
Ketua Panitia STQ ke XXIV A. Sadat Kadar Usman, S.Hi mengatakan, penyelenggaraan musabaqah tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam atau berhenti pada rutinitas STQ maupun MTQ,  tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau out come kegiatan pembelajaran Al Qur'an yang berlangsung di masyarakat. Apabila daerah mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran Al Qur'an di lingkungan masing-masing berarti daerah tersebut dapat melakukan pengkaderan qari/qariah, Hafidz/Hafidzah yang berprestasi secara , sehingga dapat mengirimkan qari/qariah dan Hafidz/Hafidzah yang baru pada setiap penyelenggaraan STQ maupun MTQ.
 
"Kegiatan ini merupakan seleksi di tingkat kabupaten yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi Tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Jembrana pada tanggal 31 Maret dan 1 April 2017 mendatang," terang Kadar Usman. Sesuai dengan tema STQ ke XXIV, dirinya berharap kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan isi Al Qur'an menuju terciptanya masyarakat yang berakhlaqul karimah.
 
Sementara itu, Bupati Mas Sumatri dalam sambutannya mengatakan, Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) merupakan salah satu langkah strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan agama dan keagamaan dalam hal penguasaaan ilmu-ilmu Al-Qur'an serta perangkatnya guna terbentuknya Masyarakat yang memiliki karakter keagamaan yang kuat.
 
Dalam kesempatan itu, Bupati Mas Sumatri mengharapkan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Karangasem menjadi tolak ukur keberhasilan dalam menorehkan prestasi dalam berbagai cabang lomba yang dilaksanakan. "Saya merasa bangga dan memberikan aspresiasi bagi Perwakilan Kabupaetan Karangasem yang telah berhasil meraih prestasi terbaik pada MTQ ke-26 tingkat Provinsi Bali tahun 2016 yang lalu,  dan mewakili Provinsi Bali di ajang Nasional,  oleh karenanya saya berharap keberhasilan ini agar tetap dipertahankan," imbuhnya.
 
Pembukaan STQ ke-24 Kabupaten Karangasem ditandai dengan pemukulan rebana oleh Bupati Mas Sumatri yang didampingi ketua panitia, LPTQ dan para tokoh agama. Seleksi Tilawatil Qur'an kali ini berlangsung sehari dan memperlombakan 3 cabang, diantaranya Cabang Tilawah Qur'an Tingkat  Dewasa, Cabang Tilawah Qur'an Tingkat Anak-anak dan Cabang Hifdzil Qur'an.‎ nov/rls/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER