DLH Laksanakan Sosialisasi Lomba Kebersihan dan Keindahaan Lingkungan

  • 24 Februari 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 4740 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar melaksanakan sosialisasi Lomba Kebersihan dan Keindahaan Lingkungan di Ruang Serbaguna Kantor Bappeda Gianyar, Jumat (24/2) kemarin,  melibatkan jajaran Operasi perangkat Daerah OPD) Gianyar, Para Perbekel dan Lurah se-Kabupaten Gianyar, pencinta lingkungan Trash Hero Saba  yang dikoordinatori tokoh muda asal Buruan Gianyar oleh I Wayan Aksara.

Menurut Kadis Lingkungan Hidup Gianyar, Drs. I Wayan Kujus Pawitra, S.Sos. M.AP. mengatakan dilaksanakanya  sosialiasi kebersihan kesehatan dan keindahan lingkungan bertujuan untuk menyamakan persepsi agar keberadaan lingkungan sekitar dapat terjaga dengan baik, terlebih di musim penghujan  banyak adanya selokan tersumbat, disebabkan oleh sampah  mengakibatkan tersumbatnya saluran air,  sehingga menimbulkan banjir, untuk mengikis adanya sifat mencintai lingkungan yang bersih dan tulus perlua adanya kesadaran yang tinggi untuk ikut menjaga dan merawat pasilat umum yang ada agar berguna sesuai fungsinya, tidak cepat rusak berakibat kurang bagus bagi kenyamanan kita semua.

Untuk melanjutkan cita-cita yang mulia demi kebersihan dan kenyamanan Gianyar tahun 2017 diadakannya,   pelaksanaan penilaian Tim Lomba Kebersihan dan Keindahaan Lingkungan  Kantor yang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati yang melibatkan Seluruh Kantor OPD, Instansi Vertikal, Kantor BUMD, Kantor Camat Sekabupaten Gianyar.

Adapun Indikator yang akan dijadikan bobot penilaian  Lomba Kebersihan dan Keindahaan Lingkungan adalah penanganan Limbah, penanganan Sampah,  Ruang Terbuka Hijau (RTH). “Penilaian akan kami laksanakan dengan obyektif serta tanpa memberikan  pemberitahuan jadwal kepada Kantor OPD, Instansi Vertikal, Kantor BUMD, dan Kantor Camat yang dinilai, ” terang Kujus Pawitra yang sangat perhatian penuh dengan kebersihan lingkungan sekitarnya. Lebih jauh alumni Master Administrasi Publik  Undiknas ini, menguraikan pola membiasakan diri untuk hidup bersih, menjaga lingkungan sekitar patut terus dibudayakan,  dengan bahu membahu menyatukan tekad kalau kita mau pasti bisa, menjaga Gianyar yang bersih aman dan Bagus yang kita cintai.

Dalam melaksanakan kegitan tersebut akan diberikan penghargaan bagi Desa/Kelurahan, Kantor OPD, Instansi Vertikal, BUMD, Kantor Camat dan Pasar Umum sebagai pemenang I.II.III yang akan diserahkan serangkaian HUT RI 2017  yang akan diberikan Trophy, Piagam, Uang sebagai berikut : Hadiah Juara Lomba Kebersihan dan Keindahaan Lingkungan antar Desa Kelurahan Terdiri dari Juara I Hadiah Uang sebesar Rp.18.500.000. Juara II  sebesar Rp.15.000.000. Juara III  Sebesar 12.500.000.

Juara Lomba Kebersihan Dan Keindahaan Lingkungan antar Kantor Camat BUMD, OPD dan Instansi Vertikal terdiri dari :

Juara I hadiah uang sebesar Rp.8.000.000.

Juara II hadiah uang sebesar Rp.6.000.000.

Juara III hadiah uang sebesar Rp.5.000.000.

Hadiah Lomba Kebersihan Dan Keindahan Lingkungan antar Pasar Umum se-Kabupaten Gianyar terdiri dari :

Juara I sebesar Rp.9.000.000.

Juara III Uang sebesar Rp.7.500.000.

Juara III Uang sebesar Rp.5.500.000.

Adapun  pemenang juara Lomba Kebersihan yang dilaksanakan tahun 2016 antar Desa Kelurahan adalah Desa Batuan Juara I, Juara II  Desa Peliatan, Juara III Desa Celuk.

Anatar Kantor Camat, BUMD, SKPD, dan Kantor Istansi Vertikal. Juara I Dinas Pendapatan, II Dinas Kebersihan Dan Pertamanan, Juara Bappeda. Anatar Pasar Umum Se-Kabupaten Gianyar, Juara I Pasar Seni Sukawati, Pasar Tegallalang, dan Juara III Pasar Ubud.

Sedaangkan menurut  Perbekel Saba I Gusti  Ngurah  Mahendradinata SH. Menyambut baik apa yang telah dilaksanakan  Pemkab Gianyar, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  yang selalu bersemangat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,  menjaga kebersihan lingkungan  menggandeng pihak berkopeten dan anak-anak sekolah, tentu dengan keterlibatan masyarakat Gianyar agar tidak terputus.  

“Kami berharap kepada Pemkab Gianyar hendaknya, bisa memberikan reward atau penghargaan kepada masyarakat yang sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan alam sekitarnya.”  terang Perbekel Desa Serongga Anak Agung Gde Udayana. rls/gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER