Pasien RSJ Kabur Berhasil Diamankan Polisi

  • 06 Februari 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 4601 Pengunjung
istimewa
Bangli, suaradewata.com – Seorang pasien Rumah Sakit Jiwa Pusat (RSJP) Bali yang berkedudukan di Kabupaten Bangli nekat kabur dari ruang perawatan. Akibatnya, petugas pun sempat dibuat kalang kabut untuk membuuk pasien agar kembali ke rumah sakit. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, petugas pun meminta bantuan polisi untuk mengamankannya.
 
Sesuai informasi yang berhasil dihimpun Senin (06/02/2017), diketahui pasien yang kabur tersebut bernama Ni Made Rus asal Jimbaran, Badung. Diketahui yang bersangkutan telah berulang kali keluar masuk rumah sakit. Terakhir, pasien baru masuk tanggal tanggal 2 Februari lalu. Selama dalam perawatan tersebut, yang bersangkutan justru nekat kabur keluar rumah sakit. Akibatnya, petugas para medis yang melihat hal itu langsung melakukan pengejaran. Namun sang pasien saat dibujuk untuk kembali, justru tidak mau.
 
Selanjutnya, petugas jaga ini minta bantuan polisi untuk mengamankankan yang bersangkutan. “Yang bersangkutan telah beberapa kali dirawat di RSJ Bangli. Terakhir dia masuk  empat hari yang lalu,” ujar Kasi Rawat dan Rehabilitasi RSJ Bangli Ni Putu Suparmini.
 
Diakui, saat kabur petugas telah berupaya membujuk yang bersangkutan berulang kali. Namun sayangnya, pasein tersebut  bersikukuh  meninggalkan RSJ hingga sampai di depan TK Bhayangkari Polres Bangli. “Sesuai SOP, kalau masih dalam lingkungan Rumah Sakit penanganan kita lakukan sendiri. Namun yang bersangkutan sudah cukup jauh berjalan dan kita tidak ingin ada hal-hal lain terjadi, kami akhirnya minta bantuan polisi,” bebernya.
 
Secara terpisah, Kasat Lantas Polres Bangli AKP Gusti Ayu Agung Udayani Addi saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah berhasil mengamankan salah seorang pasien RSJ Bangli yang kabur tersebut. Disampaikan, awalnya tiga anggotanya yang bertugas di Unit Laka dihampiri oleh seorang perawat RSJ dan dimintai tolong karena kesulitan mengajak pasiennya kembali. “Setelah kita rayu, petugas kami akhirnya berhasil mengamankan pasein tersebut di depan TK Bhayangkari Jalan Merdeka. Saat itu juga, yang bersangkutan langsung kita antarkan kembali ke RSJ,” ungkapnya. ard/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER