Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Ombak Tinggi dan Angin Kencang, Nelayan Lebih Tidak Melaut

  • 02 Februari 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2864 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com - Cuaca buruk yang terjadi belakangan ini, membuat puluhan nelayan Desa Lebih, Gianyar tidak bisa mencari ikan di laut karena faktor keselamatan. Bahkan situasi ini sudah berlangsung cukup lama.Tercatat 190 orang nelayan Lebih yang bergabung dalam Kelompok Nelayan Putra Samudra.

Dari pantauan di Pantai Lebih, Gianyar, Kamis (2/2), puluhan perahu milik nelayan nampak bersandar di pesisir Pantai Lebih. Untuk mengisi kekosongan waktu karena tidak melaut, para nelayan memilih pekerjaan lain ada yang membantu tukang bangunan, bertani dan membantu berjualan.

Ketua Kelompok Nelayan Putra Samudra, Desa Lebih, Made Ana (46) mengatakan tercatat sedikitnya 190 orang nelayan di kelompok ini dan sudah bergabung dalam sebuah koperasi. Namun karena cuaca buruk belakangan ini, nelayan pilih tidak melaut. “Karena cuaca buruk, nelayan tidak berani melaut dan pilih istirahat dan pilih pekerjaan lain membantu jualan, bertani dan membantu tukang,” jelas Ana.

Disinggung soal di suplai ikan untuk rumah makan khas ikan laut yang ada di sepanjang Pantai Lebih saat nelayan tidak melaut, Made Ana menjelaskan para pedagang mencari stok ikan di Kedonganan, Badung.”Bila nelayan disini tidak melaut, pedagang makanan membeli ikan ke Kedonganan,” ujar Ana seraya berharap cuaca buruk cepat berlalu sehingga nelayan segera bisa melaut. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER