Tim Pusat Turun Tangan, Bupati Hingga Sekda Gianyar Diperiksa

  • 24 Januari 2017
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 5313 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata - Permasalahan di dalam tubuh birokrasi di Gianyar yang terjadi belakangan ini, antara Bupati Gianyar dengan Sekda Gianyar membuat Pemerintah Pusat turut campur tangan. Tim gabungan pusat yang terdiri dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Kemendagri, Dirjen Otda serta dari Kemenpan yang disebut Tim Pencari Fakta mendatangi Pemkab Gianyar, Selasa (24/1). Kedatangan tim Pusat ini sekitar pukul 15.00 Wita diterima langsung Bupati Gianyar, AA. Gde Bharata didampingi tim pemeriksa Sekda Pemkab Gianyar terdiri Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra, Kepala BKD, Inspektorat Pemkab Gianyar dan Kabag Hukum Kabupaten Gianyar. Pertemuan berlangsung di ruang Bupati Gianyar.

Dari informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, Tim Pencari Fakta itu mempertanyakan kronologis, permasalahaan yang terjadi hingga proses Bupati Gianyar membebastugaskan jabatan IB Gaga Adi Saputra sebagai Sekda Gianyar melalui SK Bupati.

Sementara Tim pemeriksa bentukan Pemkab Gianyar menjelaskan secara lisan poin-poin penting kronologis proses pembebasan tugas sementara jabatan IB Gaga Adi Saputra sebagai Sekda Gianyar. Bupati Gianyar menyerahkan kronologis, proses dan data-data pembebasan tugas IB Gaga Adi Saputra sebagai Sekda Gianyar secara tertulis kepada tim pusat.

Setelah Bupati Gianyar menyerahkan bendelan tertulis, tim Pencari Fakta itu minta diantar untuk menemui Sekda Gianyar, IB Gaga Adi Saputra.
Saat itu Gus Gaga-sapaan akrab, yang pagi hari masuk kantor kemudian ijin karena menghadiri undangan adat, setelah dihubungi kemudian datang kembali ke kantornya yang bersebelahan dengan Bupati Gianyar. Tim Pencari Fakta langsung meminta keterangan Sekda Gaga diruangnya.

Gus Gaga saat dihubungi membenarkan dirinya dimintai keterangan oleh tim pusat tersebut diruang kerjanya. Kepada Tim Pencari Fakta, IB Gaga Adi Saputra mengaku menjelaskan kronologis permasalahan, apa yang dialaminya selama ini hingga dibebastugaskan oleh Bupati Gianyar. Gus Gaga mengaku pembebasan tugas dirinya oleh Bupati Gianyar tanpa alasan yang jelas, pelanggaran-pelanggaran aturan hukum yang dilakukan IB Gaga Adi Saputra. ”Betul saya diminta keterangan oleh tim pusat di ruang kerja saya. Saya jelaskan secara panjang lebar tentang permasalahan selama ini hingga pembebasan tugas saya sebagai Sekda Gianyar,” jelas mantan Camat Gianyar ini.

Sementara Bupati Gianyar, AA. Gde Agung Bharata, saat dihubungi melalui orang dekatnya juga membenarkan tim Pencari Fakta telah turun ke Gianyar. ”Benar tim namanya Tim Pencari Fakta tadi sore sudah turun ke Gianyar. Pertama masuk ke ruang bapak Bupati diterima langsung Bupati AA. Gde Agung Bharata didampingi tim dari Pemkab,” ujar sumber yang minta identitasnya dirahasiakan ini. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER