Baru Selesai Dikerjakan, Senderan Parkir Pura Dalem dan Prajapati Ambrol

  • 12 Januari 2017
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3121 Pengunjung
suaradewata.com
Bangli, suaradewata.com – Diduga karena kualitasnya yang rendah, proyek senderan atau Dinding Penahan Tanah (DPT) areal parkir di Pura Dalem dan Prajapati, Desa Pakraman Gelagah Linggah, Desa Kintamani, ambrol. Ironisnya, proyek DPT ini baru selesai dikerjakan tahun 2016 lalu.
 
Pantauan di lokasi, Kamis (12/01/2017), senderan sebagai penyangga tempat parker di Pura setempat yang terletak di jalur Desa Manikliyu-Pasar Tenten ini, telah jebol beberapa hari yang lalu. DPT tersebut ambrol kearah barat dan selatan jalan. Tampak batu pasangan berhamburan. Sementara tanah bekas urugan di lokasi sudah mulai retak-retak sehingga kemungkinan besar rawan memicu longsor susulan.
 
Bendesa Adat  Gelagah Linggah I Wayan Sumadi saat dikonfirmasi awak media, mengatakan DPT di areal Parkir Pura Dalem dan Prajapati tersebut longsor sejak beberapa hari lalu. Panjang DPT yang ambrol mencapai 20 meter dengan ketinggian 8 meter. “ Sebelum DPT itu ambrol, di wilayah Kintamani sempat turun hujan lebat disertai angin kencang,” ungkapnya.
 
Disinggung soal anggaran pembangunan senderan, disebut-sebut dari reses anggota DPRD Bangli. Hanya saja, soal besar anggaran, Sumadi mengaku tidak mengetahuinya secara pasti lantaran pembangunannya inklud dengan pembangunan saluran drainase di jalur  Kintamani-Desa Langgahan. “Yang pasti, pembangunannya baru selesai tahun 2016 ini,” ungkapnya.
 
Dia lanjut menambahkan, pasca musibah tersebut pihaknya telah melaporkan ke Dinas PU Kabupaten Bangli. Dari staf Dinas PU, pihaknya mendapatkan penjelasan kalau perbaikan DPT jebol bakal ditanggung pihak rekanan. Sebab, proyek itu  dikatakan  masih dalam tahap pemeliharaan. ‘Kami berharap perbaikan segera dilakukan. Mengingay sekitar sebulan lagi, tepatnya saat Buda Umanis Kulantir, bakal dilangsungkan karya. Kita harap sebelum karya, perbaikan sudah tuntas dilakukan,” pintanya.
 
Lebih lanjut dipaparkan, selain DPT di Pura Dalem jebol, hal yang sama juga menimpa senderan di dekat Pura Puseh. Dimana, senderan yang baru selesai dikerjakan ini juga jebol. Cuma ukurannya lebih kecil ketimbang  parkir di Pura Dalem. “Meski kecil bila tidak segera diperbaiki maka ada kemungkinan bakal terus meluas dan untuk itu sekali lagi kami berharap agar pihak rekanan segera melakukan perbaikan,”pungkasnya. ard/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER