Personil Polres Klungkung Dilatih Anti Teror

  • 09 Januari 2017
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 2322 Pengunjung
suaradewata.com

Klungkung, suaradewata.com -Menyikapi aksi terorisme dan radikalisme belakangan ini jajaran Polres Klungkung terus mengasah kemampuan para personilnya. Mulai dari jajaran bidang Operasional seperti Sabhara, lalu Lintas, Serse dan Intel dilatih khusus oleh pelatih anti terror yang khusus Anti Teror Indonesia yakni AKBP Putu Surya Saputra, Senin, (9/1/2017).

Tujuan dari pelatihan itu tidak lain guna meningkatkan kemampuan Personil Polres Klungkung. Disamping itu juga untuk mengurangi resiko yang dapat membahayakan Personil Polres Klungkung dari tindakan anrkis yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Dijelaskan AKBP Putu Surya Saputra pelaksanaan tugas terkait dengan tindakan Kepolisian yang paling pertama adalah legalitas sesuai dengan peraturan Kapolri, Nomor 1, tahun 2009, tentang Penggunaan Kekuatan dalam tindakan Kepolisian. Kemudian yang kedua  Teknis yaitu Proporsional, dilaksanakan  seimbang antara ancaman yang dihadapi dengan tindakan Polri. Legalitas harus sesuai dengan hukum. Akuntabilitas dan Nessesitas, penggunaan kekuatan memang perlu diambil. “Sedangkan yang ketiga adalah Taktis yaitu close, Contaiv dan counter,” ucapnya.

Dikatakan juga ada beberapa tahapan dalam penggunaan kekuatan bagi Kepolisian yaitu Kekuatan yang memiliki dampak deteren, berupa kehadiran aparat Polri atau kendaraan dengan atribut Polri. Perintah lisan, ada komunikasi antara Polisi dengan pelaku tindak pidana seperti jangan bergerak. Kendali tangan kososng lunak, dengan gerakan membimbing atau kuncian tangan yang kecil kemungkinan menimbulkan cedera fisik. Kendali tangan kosong keras, dalam tindakan ini ada kemungkinan menimbulkan cedera. Kendali senjata tumpul disesuaikan dengan perlawanan pelaku tindak pidana, seperti menggunakan tongkat Polisi, Borgol dan Gas Air mata. Kendali dengan menggunakan senjata api ini dilakukan sebagai tindakan terakhir dengan pertimbangan dapat membahayakan korban, masyarakat dan petugas.

Sementara Kapolres Klungkung AKBP FX. Arendra wahyudi, SiK. menyampaikan terkait dengan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan personil Polres Klungkung dalam menghadapi situasi tak terduga, sehingga Personil Polres Klungkung lebih siap dalam menghadapi situasi apapun. Jul/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER