Jelang Tahun Baru Harga Ikan Laut Meroket

  • 25 Desember 2016
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 3810 Pengunjung
suaradewata.com

Badung, suaradewata.com  -Sejumlah jenis ikan laut di pasar ikan Kedonganan, Tuban, Badung mengalami kenaikan yang signifikan. Meski harganya mahal tampak sejumlah  pembeli tetap memadati pasar jelang pergantian tahun baru 2017.

Pantauan di lokasi, sejumlah ikan mengalami lonjakan harga. Meski demikian tampak pembeli memadati pasar ikan yang terletak di wilayah Kelurahan Tuban, Kuta, Bali.

"Naik sekitar tiga ribuan saja pak. Semua rata-rata segitu, sudah sejak 10 hari ini harga ikan naik. Bukan karena mau tahun baru, tetapi jarang nelayan berani melaut," ujar Supriono salah seorang nelayan di Pantai Kedonganan, Sabtu (24/12) Bali.

Meski sudah 10 hari yang lalu harga ikan melonjak, namun faktor cuaca juga dijadikan alasan para nelayan untuk tidak berangkat melaut.

"Cuaca lagi tidak menentu. Kadang tenang, begitu melaut mendadak angin kencang dan gelombang pasang," katanya.

Sementara itu, pantauan di pasar ikan, rata-rata harga jenis ikan yang diketahuinya seperti ikan Selungsong Rp 25 ribu, dulunya Rp20 ribu, per 1 kilo gram. Tuna Rp30 ribu dulu Rp27 ribu perkilo gram. 

"Kenaikan sudah 10 hari yang lalu. Udang Srim Rp60 ribu ribu, sebelum naik dan sekarang Rp70 ribu," kata salah satu pedagang ikan.

Ikan Tuna juga mengalami kenaikan dari Rp 25 ribu perkilo sebelum naik dan sekarang Rp 30 ribu. Ikan jangki Rp70 ribu, dulunya Rp50 ribu, ikan kakap putih, Rp70 ribu dulu sebelum naik Rp 50 ribu. Kakap merah Rp90 ribu, sebelum naik Rp70ribu. Sementara, cumi manis dan cumi sotong naik harga jadi Rp70 ribu dimana per kilo dulunya Rp60 ribu.Ids/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER