Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim 1616/Gianyar Rutin Uji Urine

  • 17 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3322 Pengunjung
suaradewata.com
Gianyar, suaradewata.com - Maraknya peredaran narkoba saat ini perlu dijadikan musuh bersama di Indonesia yang selama ini sudah menyentuh beberapa lapisan dan komponen masyarakat. Oleh karena itu untuk mencegah dan mengetahui adanya penggunaan Narkoba khususnya di kalangan prajurit, pada hari Kamis (17/11), Kodim 1616/Gianyar melaksanakan tes urine bagi seluruh personel Kodim 1616/Gianyar melalui program P4GN.
 
Pelaksanaan tes urine di Makodim 1616/Gianyar diikuti sekitar 65 orang prajurit yang diawasi oleh Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf. Wayan Susitantra,S.IP seijin Dandim Gianyar, memaparkan bahwa tes urine yang dilakukan menggunakan perimeter untuk mengetahui adanya kandungan dari Amphetamine (AMP), Methampetamine (MET), Marijuana (THC), ‎Morphine (MOP) dan Benzodiazepines (BZO).
 
Sedangkan Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav. Berto SP Capah,S.Sos, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan oleh prajurit. Sekaligus untuk mengetahui bila ada oknum prajurit yang menjadi pengguna Narkoba sehingga dapat ditindaklanjuti untuk penanganannya, sesuai dengan perintah dari Komando Atas agar personel TNI AD harus bersih dari semua pengaruh, penggunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN). "Jangan sampai ada personel kita terlibat narkoba, tes seperti ini akan rutin dilakukan setiap beberapa bulan sekali" ujar Letkol Berto Capah saat dihubungi.
 
Hasil dari pemeriksaan terhadap tes urine kepada personel Kodim 1616/Gianyar belum ditemukan adanya penggunaan dan penyalahgunaan Narkoba.
 
Sementara itu, BNK Gianyar yang melakukan uji urine dipimpin langsung oleh Kepala BNK Gianyar AKBP I Made Pastika SH, MH. Setelah pelaksanaan tes urin, Pastika berpesan kepada seluruh personil yang hadir untuk membantu tugas BNN menyampaikan dan menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan penyalahgunaan narkoba. Jika di masyarakat ditemukan indikasi penyalahgunaan narkoba segera menghubungi BNK Gianyar agar bisa ditindaklanjuti. "Kami tidak hanya menindak penyalahgunaan narkoba tetapi kami memberi penyuluhan dan pendekatan di masyarakat sebagai tindak pencegahan penyalahgunaan narkoba" ujar AKBP Pastika di depan puluhan Bhabinsa Kodim 1616/Gianyar. gus/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER