Abrasi Sebagian Besar Pantai di Karangasem Sangat Parah

  • 10 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3711 Pengunjung
suaradewata.com
Karangasem, suaradewata.com - Sebagian besar pantai di Karangasem mengalami abrasi yang cukup parah, utamanya diwilayah Desa Seraya Tengah dan Seraya Timur, Kecamatan Karangasem, serta wilayah Pantai Desa Tianyar Tengah dan Tianyar Barat, Kecamatan Kubu. 
 
Meski kondisi abrasi sebagian besar pantai itu sudah sedemikian parah, namun sampai saat ini pemerintah belum sepenuhnya melakukan penanganan.
 
I Nyoman Oka Antara, Anggota DPRD Bali, kepada wartawan Kamis (10/11/2016) menyampaikan, dari data yang dia peroleh menyebutkan hampir sebagian besar wilayah pesisir di Karangasem mengalami abrasi yang cukup parah. 
 
Dia mencontohkan kondisi Pantai Seraya Tengah dan Timur, serta Pantai Desa Tianyar Tengah dan Barat yang paling parah. "Yang paling parah itu di Pantai Desa Tianyar Tengah sampai Tianyar Barat utamanya pantai di Desa Sukadana," sebut Oka Antara.
 
Parahnya abrasi di Kubu juga mengakibatkan puluhan kuburan hanyut tergerus ombak yang menerjang, sementara sampai saat ini belum ada upaya pemerintah utamanya dari Balai Pengairan Bali Penida untuk melakukan perbaikan atau reklamasi.
 
Saat ini kata dia sejumlah nelayan di Kubu terpaksa harus mengungsikan jukung mereka ke lahan perkebunan milik warga di pinggir pantai, "Ya sekarang nelayan meminjam tempat untuk parkir jukungnya di kebun milik warga di pinggir pantai. Nah kalau lahan itu dijual pemiliknya ya gak ada tempat lagi" lontarnya.
 
Hantaman ombak paling parah kata dia terjadi ketika musim angin barat, dan untuk menyelamatkan jukung mereka dari hantaman ombak, sebagian nelayan mengungsikan dan menitip jukung mereka di Pantai Tukad Luah, Buleleng. nov‎/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER