Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Produksi Padi Jeblok, Hektaran Sawah Subak Tegallalang Diserang Hama Bikul

  • 08 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3273 Pengunjung
ilustrasi
Bangli, suaradewata.com - Petani di wilayah Subak Tegallalang, Kelurahan Kawan, Bangli makin merana. Selain sering diserang kawanan kera, kini hektaran tanaman padi di subak setempat diserang hama tikus alias bikul. Bayang-bayang kegagalan panen pun kini menghinggapi petani.
 
Salah seorang petani setempat, Mangku Dana menyebutkan  petani dibuat pusing dengan serangan hama, baik tikus maupun kera. Dikatakan, setelah serangan kera, kini petani dipusingkan dengan serangan tikus. “Ada sekitar ratusan tikus ini yang menyerang di subak kami dan melahap tanaman baik yang muda maupun siap penen,” akunya saat  ditemui Selasa (8/11/2016).
 
Dampaknya, kata dia,  panen petani menjadi jeblok. Dia mencontohkan, untuk lahan 35 are, yang biasanya bisa menghasilkan 50 kampil, kini paling banter bisa didapat 30 kampil. “Berbagai cara telah kami lakukan untuk mengatasi hama tikus ini, namun tidak mempan,” bebernya.
 
Hal senada juga diungkapkan Kelian Subak Tegallalang Sang Ketut Rencana. Diakui, serangan tikus belakangan ini memang makin ganas. Diperkirakan, meningkatnya populasi tikus lantaran pola tanaman yang tidak kompak. “Belakangan ini penanaman sering tidak serentak, hal inilah yang memacu perkembang biakan tikus dengan cepat,” tegasnya. ard/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER