102 Regu Jajal Gerak Jalan Puputan Margarana

  • 04 November 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3965 Pengunjung
suaradewata.com
Tabanan, suaradewata.comDalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Puputan Margarana ke-70 yang jatuh pada 20 Nopember mendatang, disemarakkan dengan kegiatan gerak jalan yang digelar Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Tabanan
 
Gerak jalan ini sendiri diikuti oleh 102 regu yang merupakan masing-masing duta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Tabanan. Seluruh regu tersebut dilepas oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Keuangan Tabanan Gusti Ngurah Agung Suryana pada garis start di Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Jumat (4/11)  pagi kemarin. Hadir dalam kesempatan ini Jajaran  SKPD terkait Pemkab  Tabanan, Forum Koordinasi Komunikasi Kecamatan.
 
Kepala Disdikpora Tabanan I Putu Santika yang juga ketua panitia gerak jalan tersebut menjelaskan, gerak jalan Puputan Margarana merupakan kegiatan perlombaan tingkat SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan. Sebanyak 102 regu peserta kegiatan tersebut terdiri dari 49 regu putera. Sedangkan untuk regu puteri terdiri dari 53 regu. “Dengan diadakan kegiatan ini dapat mewujudkan generasi muda yang berkarakter baik dilingkungan sekolah maupun masyarakat,” jelasnya.
 
“Tahun ini kita mengusung tema melalui lomba Gerak Jalan Puputan Margarana, kita jalin tali persaudaraan untuk membangkitkan rasa nasionalisme menuju Tabanan Serasi,” jelas Santika.
 
Dikatakan, rute yang dilalui peserta berbeda dan disesuaikan dengan regu masing-masing. Untuk peserta putera melintasi jalur Marga dengan finish di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancakatirta. Sementara peserta puteri menempuh rute Tunjuk dan finish di Lapangan Alit Saputra, Banjar Dangin Carik, Tabanan. “Startnya sama  di TPB Margarana, namun finishnya terpisah,” imbuhnya.
 
Sebelumnya, Bupati Tabanan dalam sambutan tertulis dibacakan Staf Ahli Bupati Tabanan Gusti Ngurah Suryana mengungkapkan, peringatan HUT  Puputan Margarana merupakan momentum strategis guna mempertebal rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Mengenang semangat para pahlawan yang telah banyak berkorban, baik material maupun jiwa raga mereka, demi memerdekakan bangsa.
 
Dirinya juga mengatakan generasi muda merupakan generasi pewaris nilai-nilai luhur budaya bangsa, serta penerus cita-cita perjuangan bangsa dan insan pembangunan. Dengan begitu generasi muda merupakan kader pemimpin yang berjiwa pancasila, berdisiplin, peka dan tangga serta memiliki idelisme yang kuat. “ tumbuhkan terus semangat  puputan Margarana untuk terus termotivasi dan dapat sampai finish dengan selamat,”harapnya. gin/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER