Jangan Terlena, Pertahankan Terus Status ‘Green Card’ Geopark Batur!

  • 07 Oktober 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 4343 Pengunjung
suaradewata
Bangli, suaradewata.com – Kabupaten Bangli, kini boleh berbangga. Pasalnya, hasil penilaian tim Assesor Unesco terhadap keberadaan Geopark Batur mendapatkan penilaian yang sangat menggembirakan. Pasalnya, kekahwatiran status Geopark akan dicabut setelah sebelumnya mendapat kartu kuning, kini pupus setelah tim assessor memberikan kartu hijau (Green Card) dalam penilaiannya yang terakhir.
 
Atas prestasi tersebut, kalangan DPRD Bangli pun memberikan apreasi yang positif. Wakil Ketua DPRD Bangli, I Komang Carles menyatakan keberhasilan Bangli meningkatkan status Geopark merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran Pemkab Bangli bersama SKPD terkait. “Yang pasti kami turut bangga dan memberikan apreasiasi kepada seluruh jajaran SKPD terkait berkat kerja kerasnya bisa meraih prestasi untuk meningkatkan status Geopark Batur,” tegas Carles saat dihubungi Jumat (07/10/2016).
 
Hanya saja, pihaknya tetap mengingatkan Pemkab Bangli jangan sampai terlena dengan prestasi yang telah dicapai. Sebab, mempertahankan sebuah keberhasilan lebih sulit daripada meraihnya. “Dengan prestasi itu, Pemkab juga jangan sampai terlena dengan apa yang telah di dapat. Yang terpenting sekarang bagaimana mempertahankan Geopark Batur tersebut.  Sebab, kedepan masih perlu ditingkatkan lagi berkaitan dengan perlindungan geologi, budayanya termasuk lingkungannya. Salah satunya dalam bidang kebersihan, juga harus ditingkatkan,” ujarnya mengingatkan.
 
Lebih lanjut, Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Bangli ini,  juga menyampaikan rasa bangganya karena Geopark Batur juga diakui sebagai satu-satunya Geopark percontohan dunia.  Sebab, dari puluhan Geopark yang telah diusulkan di Indonesia, hanya Geopark Batur yang dinilai telah menyatu dengan masyarakat dan bisa memberikan dampak positif bagi alam. Terbukti, untuk menunjang eksistensi Geopark Batur, Tari Geopark hingga Hymne Geopark telah tercipta di Bangli. Selain itu, saat ini juga masih digodok Ranperda Perlindungan Geologi dan Kawasan Geopark yang diyakini akan memberikan ekses positif untuk kemajuan sekaligus untuk menjaga kelestarian alam Geopark Batur. “Dengan Ranperda Geopark yang saat ini masih di godok di DPRD, nantinya diharapkan keberadaan Geopark Batur akan terus bisa kita pertahankan,” pungkasnya. ard/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER