Dampak letusan Gunung Barujari di Lombok, BPBD Bali Siapkan Ribuan Masker

  • 28 September 2016
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3350 Pengunjung
ist

Karangasem, suaradewata.com - Mengantisipasi dampak semburan abu vulkanis letusan Gunung Barujari, Lombok Utara, NTB yang mencapai ketinggian hingga 2000 meter ke udara, sampai saat ini pihak BMKG wilayah III Denpasar masih terus melakukan pemantauan.  

Kepada wartawan usai apel pembukaan penanganan  bencana erupsi Gunung Agung di Stadion Karangasem, Rabu (28/9/2016), Kepala BMKG Wilayah III Denpasar I Wayan Suardana menjelaskan dari hasil pemantauan yang dilakukan di Pos Bandara Internasional Lombok (BIL) dan dari ctra satelit diakui jika debu vulkanik dari letusan Gunung Barujari, Lombok mengarah ke barat daya yakni kearah Bali. 

Artinya besar kemungkinan beberapa wilayah di Bali seperti Kabupaten Karangasem dan wilayah Kuta dalam hal ini Airport Ngurah Rai, “Dari hasil pengamatan UPT kami di Mataram, memang abu vulkanik letusan Gunung Barujari mengarah kebarat daya atau kearah Bali, tapi sampai sejauh ini itu belum berdampak atau mempengaruhi aktifitas masyarakat di Bali khususnya di Karangasem,” ujarnya.  

Namun demikian pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada. Wayan Suardana juga meneegaskan jika abu vulkanis belum mempengaruhi aktifitas penerbangan baik itu di BIL maupun di Bandara Ngurah Rai, Bali. “Belum mempengaruhi penerbangan sampai saat ini aktifitas di BIL maupun di Bandara Ngurah Rai masih berjalan lancar. Tapi tetap kita akan pantau terus pergerakannya,” sebutnya, sembari mengatakan terkait berapa lama dampak abu vulkanis ini berlangsung, pihaknya menegaskan jika itu bukan kewenangannya tapi kewenangan Badan Vulkanologi.  

Dipihak lain, Kepala BPBD Provinsi Bali, Dewa Made Indra, mengatakan untuk mengantisipasi kemungkinan dampak abu vulkanis letusan Gunung Barujari, pihaknya sudah menyiapkan ratusan kotak masker yang siap dibagikan kepada masyarakat utamanya di wilayah Karangasem yang diperkirakan paling terdampak dari daerah lain di Bali. “Kita sudah siapkan masker yang sewaktu-waktu bisa langsung dubagikan kepada masyarakat yang terkena dampak!” tegasnya didampingi Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa, Rabu kemarin. nov/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER