Dampak Vulkanik Barujari, Sejumlah Maskapai Internasional Batalkan Penerbangan

  • 27 September 2016
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 4418 Pengunjung
suaradewata

Badung, suaradewata.com – Akibat Gunung Barujari anak Gunung Rinjani yang terletak di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat meletus pada Selasa (27/9/2016) pukul 14.45 Wita, sejumlah maskapai penerbangan internasional membatalkan penerbangannya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

GM Bandara I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi menjelaskan ada pembatalan penerbangan dari maskapai Virgin Air tujuan Denpasar - Brisbane dan Denpasar - Sydney, Australia. Selain maskapai Virgin Air, maskapai Jetstar dari Australia menuju Ngurah Rai juga melakukan pembatalan akibat abu vulkanik Gunung Barujari.

"Ada sejumlah pembatalan penerbangan atau canceled flight antisipasi abu vulkanik Gunung Barujari, seperti Virgin Air dan Jetstar dari Australia tujuan Denpasar," ujarnya saat dikonfirmasi.

Dipaparkannya, pembatalan penerbangan antaralain Virgin Air VA.046 tujuan Denpasar - Brisbane (DPS - BNE) yang akan boarding pukul 21.30 wita, dengan jumlah penumpang 181 pax. Dan Virgin VA.070 tujuan Denpasar - Sydney (DPS-SYD) yang akan berangkat pukul 22.10 wita, dengan jumlah penumpang 174 pax.

Sementara itu, penerbangan Jetstar yang batal datang ke Bali, kesemuanya dari Australia, antara lain: JQ 37 dari Sydney, JQ 116 dari Perth, JQ 57 dari Brisbane, JQ 127 dari Adelaide.

Ditegaskannya, hingga saat ini tidak ada penutupan bandara sama sekali dan aktivitas di Bandara Ngurah Rai masih berlangsung normal. "Bandara I Gusti Ngurah Rai sampai saat ini tetap beroperasi. Kalau soal pembatalan penerbangan itu sepenuhnya keputusan dari pihak Airline," tutupnya.

Sekedar informasi, pada Selasa (27/9/2016) sekitar pukul 14.45 wita, Gunung Barujari - Anak Gunung Rinjani meletus dan melontarkan abu setinggi 2000 meter.

Informasi BMKG menyebutkan abu vulkanik Gunung Barujari condong ke arah Barat Daya. Karena itu masyarakat dihimbau untuk waspada. Diperkirakan abu vulkanik akan mencapai Kota Mataram, NTB dan berpotensi berpengaruh pada aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok. ids/hai

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER