Jelang Galungan, DPRD Bali Sidak Persediaan Sarana Upacara

  • 05 September 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 3577 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Jelang Hari Raya Galungan dan Kuningan, Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama bersama sejumlah anggota dewan melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Desa Adat Wangaya Denpasar, Senin (5/9/2016). Sidak ini dilakukan guna memastikan ketersediaan sarana upacara serta harga-harga kebutuhan pokok.

Dalam sidak tersebut, para wakil rakyat mendapatkan bahwa kebutuhan pokok serta kebutuhan upacara besar ini memang tersedia dan dipastikan tanpa menemui kendala. Hanya saja, rata-rata harganya melonjak tinggi.

Kondisi ini dipicu karena rata-rata kebutuhan untuk sarana upacara tersebut justru dipasok dari daerah-daerah luar Bali. "Sarana upacara kebanyakan didatangkan dari luar Bali," tutur Adi Wiryatama, usai sidak tersebut.

Kondisi ini, menurut politisi asal Tabanan itu, tentu sangat memprihatinkan. Karena itu, DPRD Provinsi Bali akan memikirkan solusi terbaik, agar Bali bisa mandiri dalam memenuhi sarana upacara ini. Salah satu solusi yang sedang dipertimbangkan adalah DPRD Provinsi Bali akan menginisiasi aturan terkait sarana upacara tersebut.

"Tentu kita prihatin dengan keadaan ini. Nanti kita coba inisiatif, apa bentuknya nanti, mungkin kita coba berupa aturan. Intinya, supaya kita berdikari, bisa mandiri dalam memenuhi kebutuhan upacara," tegas mantan Sekretaris DPD PDIP Provinsi Bali itu.

Adi Wiryatama menambahkan, kemandirian dalam pemenuhan sarana upacara ini penting, untuk menekan biaya sekaligus dampak kesehatan dari sarana upacara yang didatangkan dari luar. Apalagi, beberapa kebutuhan untuk upacara yang didatangkan dari daerah lain, ditemukan telah diawetkan dengan bahan pengawet dan bahkan formalin.

"Tentu kita tidak ingin biarkan ini terus terjadi. Kita akan coba buat aturan, minimal kita sadarkan masyarakat dulu. Ke depan, kita juga pikirkan bagaimana caranya agar kita benar-benar mandiri dalam memenuhi sarana upacara," pungkas Adi Wiryatama.

Dalam sidak kali ini, Adi Wiryatama didampingi sejumlah anggota dewan. Di antaranya adalah Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bali Nengah Tamba, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Bali Nyoman Suyasa, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali Nyoman Parta, Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Bali Nyoman Wirya serta anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bali Utami Dwi Suryadi. san/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER