Terima Penghargaan Menteri LH, Bupati Beri Acungan Jempol Bagi Kicau Bali

  • 30 Agustus 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4602 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Penghargaan yang diterimanya dari Menteri Lingkungan Hidup berkat konsistensi menangkarkan burung Jalak Bali membuat kelompok penangkar Kicau Bali mendapatkan acungan jempol dari Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.

Apresiasi tersebut diberikan Bupati Eka saat kelompok yang diketuai I Ketut Jiwa Artana beraudiensi pada Selasa (30/8/2016). Menurutnya, apa yang dilakukan Kicau Bali dalam beberapa tahun terakhir ini telah membantu upaya menjaga kelestarian satwa dilindungi.

“Ini salah satu bentuk penjagaan alam kita. Sekarang Jalak Bali sudah mulai langka karena sering diburu. Padahal, ini merupakan sumber daya alam yang punya nama dan nilai sakral serta daya tarik yang luar biasa,” kata Bupati Eka.

Dikatakan, jarang ada yang sukses memelihara hingga mengembangbiakkan spesies dilindungi ini. Dan, dia berbangga, di tengah kesulitan untuk menangkarnya, anak muda Tabanan yang tergabung dalam Kelompok Penangkar Kicau Bali justru sukses melakukannya.

“Ini bisa jadi motivasi buat kita semua agar bisa mengangkat nama Tabanan. Dan, kita patut mengapresiasi pemuda yang telah bisa mengangkat dan mengharumkan nama Tabanan di tingkat nasional,” jelasnya.

Dia berharap, penangkaran Jalak Bali ini menjadi suatu program unggulan di Kabupaten Tabanan. Sehingga, programnya harus dikembangkan secara serius. Seperti, pembinaan dan budidaya bisa dipusatkan serta dibuatkan event seperti pameran agar masyarakat lebih mengenal dan mencintai satwa endemik khas Bali ini.

“Saya ingin penangkaran Jalak Putih menjadi pilot project di Tabanan. Penangkaran spesies asli Pulau Bali jangan hanya sampai di sini saja, buatlah spesial dan ajak pemuda atau masyarakat lainnya untuk bersama-sama menangkarkan Jalak Bali,” tandasnya. ina/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER