Warga Semarapura Kangin Upacara Bendera di Tengah Sungai

  • 17 Agustus 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 4273 Pengunjung
suaradewata

Klungkung, suaradewata.com – Warga pinggir Tukad Unda menggelar upacara peringatan HUT RI Ke-71 di tengah sungai pada Rabu (17/08/2016). Sambil berendam mereka menggelar upacara bendera secara khusuk. Bahkan seluruh peserta upacara menggunakan buasana khas perjuangan rakyat Bali.

Tidak hanya warga, sejumlah PNS dari kelurahan dan siswa juga ikut ambil bagian dalam kesempatan tersebut. Lurah Semarapura Kangin I Wayan Sudarma juga didaulat sebagai inspektur upacara.

Para pengibar bendera diikuti sebanyak 70 peserta yang dimaknai 17 pengibar bendera, 8 pembaca semangat perjuangan, dan 45 penyanyi lagi kebangsaan. Menurut Lurah Semarapura Kangin, Wayan Sudarma, kegiatan ini untuk mencoba merasakan perjuangan para perebut kemerdekaan, mereka juga memanfaatkan momen ini untuk lebih mencintai lingkungan. Terlebih lagi sungai merupakan urat nadi kemakmuran masyarakat dan petani.

Sementara Afri, salah satu peserta upacara asal Semarapura Kangin mengakui sudah dua kali mengikuti upacara di tengah sungai. Dirinya mengaku terharu selama mengikuti upacara. Terlebih lagi, saat pembacaan teks Proklamasi oleh petugas yang diiringi dengan sirine detik-detik proklamasi. “Tidak terasa walau kaki lama terendam air, namun hati saya sangat bahagia,’’ tuturnya. jul/hai


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER