Ratusan Peserta Napak Tilas Telusuri Jejak Pahlawan Kapten Mudita

  • 11 Agustus 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3456 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com - Ratusan peserta dari usur pegawai, pelajar, TNI/Polri dan Pemuda Panca Marga (P2M), Kamis (11/8/2016) mengikuti napak tilas jejak pahlawan Kapten A.A. Anom Mudita. Napak tilas yang dipusatkan di monument perjuangan Banjar Yoh, Desa Pengotan Bangli dilepas oleh Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. Acara ini juga dihadiri oleh Sekda Bangli I.B. Gde Giri Putra, Forkompinda dan pimpinan SKPD dilingkungan Pemkab Bangli.

Wapub Bangli Sedana Arta pada kesempatan itu menyampaikan, tujuan dari dilaksanakan napak tilas bukan hanya untuk mencari jejak sejarah perjuangan para pahlawan. Namun jauh lebih dalam, esensi dari napak tilas adalah untuk mengingatkan kepada generasi penerus akan nilai-nilai nasionalisme, parsatuan dan kesatuan, semangat kerja keras, pantang menyerah yang telah dicontohkan para pejuang. 

Menurut Wabup Sedana Arta kemerdekaan yang generasi sekarang nikmati bukanlah jatuh dari langit, melainkan berkat kegigihan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan. Sehingga kesehatan, keamanan dan kebahagiaan yang kita nikmati sekarang adalah buah dari perjuangan para pahlawan kita. Sudah sepatutnya sebagai generasi muda kita bisa mengikuti jejak semangat pahlawan terdahulu. Semangat yang dimaksud bukan untuk berperang secara fisik melainkan berperang untuk mengentaskan kemiskinan, kebodohan sehingga kita bisa sejajar dengan Negara maju lainnya. “Melalui napak tilas kita ingin mengajarkan generasi muda untuk bisa mengikuti semangat para pahlawan. Sehingga bisa bisa menjadi pahlawan dimasa kekinian dengan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif. Nilai-nilai ini yang ingin kita ajarkan kepada generasi muda”terangnya. 

Sementara itu Sekda Bangli I.B. Giri Putra yang sekaligus ketua panitia penyelenggara mengatakan, selain untuk mengenang dan mengingatkan generasi muda akan kebesaran pengorbanan para pahlawan, napak tilas jejak pahlawan Kapten A.A. Anom Mudita ini juga dimaksudkan untuk memeriahkan peringatan Hut RI ke 71 di Kabupaten Bangli. Disampaikan juga, rute yang akan ditempuh adalah start dari Banjar Yoh, menuju Br. Besenge, Br Linjong, Br. Temaga, Br. Buungan dan finish di monument perjuangan Sura Yuda di Br. Penglipuran.  Dipilihnya rute ini karena disinilah jejak perjalanan perjuangan Kapten A.A. Anom Mudita dan kawan-kawan dalam memerangi penjajah yang diharapkan dapat ditanamkan, dikuatkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. ard/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER