Sekkab Wirna Lepas 40 Kontingen Tabanan ke Jambore Nasional

  • 09 Agustus 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3474 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com –Sebanyak 40 orang pramuka Kwartir Cabang Tabanan dilepas Sekkab Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa ke Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur 14 – 21 Agustus 2016. Acara pelepasan oleh Sekda itu digelar di halaman depan Kantor Bupati Tabanan, Selasa ( 9/8/2016).

Sekkab Wirna dalam membacakan sambutan tertulis Bupati Tabanan mengatakan Jambore Nasional ( Jamnas ) adalah kegiatan yang menarik dan menantang bagi adik-adik Penggalang seluruh Kabupaten/Kota seIndonesia, yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional dalam bentuk perkemahan besar. “ Melalui Jamnas ini adik-adik akan memperoleh berbagai pengalaman baru yang nantinya bisa dicatat dalam sejarah hidup kalian,” ujarnya.

Menurutnya, sejalan dengan perkembangan tekonologi komunikasi, kita dihadapkan dengan berbagai masalah kehidupan seperti penyalahgunaan obat terlarang dan pergaulan bebas. Sedangkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita merasakan adanya penurunan solidaritas sosial serta semakin rendahnya semangat persatuan dan kesatuan. “ Hal seperti ini tidak bisa kita biarkan begitu saja, marilah ancaman ini kita jadikan tanggung jawab kita bersama termasuk gerakan Pramuka,” imbuhnya.

Dirinya berharap, sebagai salah satu pilar pendidikan bagi kaum muda, Kepramukaan diharapkan mampu berkontribusi secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “ Melalui pendidikan kepramukaan, kita ingin membangun manusia yang berkarakter , membangun anak bangsa yang memiliki watak kuat serta kepribadian yang tangguh,” ujarnya.

pihaknya juga berharap kepada peserta Jambore Nasional yang mewakili Kabupaten Tabanan menjadikan momen ini sebagai ajang menempa diri agar kelak mampu menjadi generasi muda yang mampu membangun dirinya sekaligus ikut bertanggung jawab terhadap pembangunan bangsanya. “ Kepada peserta Kontingen saya berpesan agar selalu menjaga kesehatan dan bawa nama baik Kabupaten Tabanan. Mudah-mudahan kalian mendapat pengalaman baru selama disana dan bisa  diaplikasikan untuk pembangunan daerah kita nanti,” ujarnya.

Sementara Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab TabananPutu Santika yang juga Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan mengatakan, Jamnas merupakan pertemuan pramuka penggalang se Indonesia yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali, dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional dan diikuti oleh peserta dari perwakilan seluruh Kabupaten/Kota se Indonesia. “ Jambore Nasional akan berlangsung dari tanggal 14-21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta,” ungkapnya.

Menurutnya, kontingen Jamnas Kwarcab Tabanan berjumlah 32 orang putra dan putrid, dimana sebelumnya telah melalui seleksi dan pemusatan latihan jangka panjang. “ Para peserta akan dipimpin empat orang pimpinan kontingen, empat orang Pembina pendamping, sehingga total kontingen Jamnas Kwarcab Tabanan berjumlah 40 orang,” tandasnya.Ina/gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER