Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bangli Sukses Sabet Adipura Bhuana

  • 24 Juli 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 3784 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Belajar dari kegagalan tahun sebelumnya, kali ini Kabupaten Bangli sukses menyabet penghargaan di bidang lingkungan hidup. Tahun 2016 ini, Kabupaten Bangli dinobatkan sebagai kota kecil yang nyaman dan layak huni sehingga berhak mendapat  penghargaan Adipura Bhuana. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Yusuf Kalla kepada Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta SE, serangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunaia, Jumat (22/7/2016) di lapangan depan Istana Siak, Jl. Sultan Syarif Kasim, Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Saat itu, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keberhasilan Bangli menyabet penghargaan Adipura Bbhuana. Ini menandakan Kabupaten Bangli sudah diakui oleh Pusat sebagai daerah yang nyaman dan layak huni. Menurutnya, prestasi ini tentunya tak lepas dari kerja keras semua pihak khususnya jajaran Dinas Tata Kota dan SKPD terkait serta yang tidak kalah penting kesadaran masyarakat  Bangli untuk mendukung program pelestarian lingkungan.

Lanjut Wabup asal Desa Sulahan, Susuti ini, keberhasilan Bangli menyabet penghargaan Adipura Bhuana hendaknya jangan membuat SKPD terkait menjadi terlena. Sebaliknya, pihaknya berharap semakin memacu semangat untuk bekerja lebih keras. Sehingga gold akhir yang bisa dicapai, disamping bisa meraih prestasi, yang terpenting adalah pelestarian lingkungan tetap terjaga sehingga Bangli selalu menjadi kota yang nyaman dan layak untuk ditinggali serta kelestarian lingkungan berdampak positif bagi kualitas kesehatan dan perekonomian masyarakat.”Kota yang bersih dan layak ditinggali serta memberi dampak positif bagi kesehatan dan perekonomian masyarakat adalah harapan kita melalui kegiatan ini”ungkapnya.


Sementara itu Kepala Dinas Tata Kota Bangli Ida Ayu Yudi Sutha mengatakan, keberhasilan Bangli menyabet penghargaan Adipura Bhuana sebagai Kota Kecil yang nyaman dan layak huni tidak lepas dari terobosan Dinas Tata Kota Bangli dibantu SKPD terkait  menyelenggarakan kegiatan Adipura Desa. Dimana dalam adipura desa ini, tidak hanya menyasar kebersihan sudut kota tetapi juga sampai kepelosok desa. Hal ini sesuai dengan program nawacita Presiden Joko Widodo membangun negeri ini dari pesisir khususnya dari sisi lingkungan.

Lanjut dia, selain Adipura Desa keberhasilan Bangli menyabet penghargaan dibidang lingkungan tidak lepas dari pencanangan kampung iklim dan kampung organik di beberapa desa di Bangli, seperti Desa Mengani, Desa Bunutin dan Desa Awan Kintamani yang dirancang menjadi kampung iklim dan Desa Wisata Penglipuran yang dijadikan kampung organik.

Lebih dalam birokrat yang akrab disapa Dayu Yudi  menjelaskan, penilaian adipura tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini adipura dirancang menjadi beberapa tahapan. Yakni, Adipura Bhuana yang diberikan kepada kabupaten/kota yang dianggap nyaman dan layak untuk ditinggali.  Adipura Kirana yang diberikan kepada kabupaten/kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism dan investment berbasis pengelolaan lingkungan hidup. Dan, Adipura Paripurna  yang diberikan kepada kabupaten/kota yang mampu memberikan kinerja terbaik untuk kedua kategori Adipura lainnya sehingga memenuhi syarat sebagai kota yang berkelanjutan. “Tahun ini Bangli berhasil menyabet Adipura Bhuana. Target kita tahun depan Bangli bisa menyabet Adipura Paripurna. Mudah-mudahan dengan dukungan dari semua pihak, target ini mampu dicapai”harapnya. ard/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER