Kodim 1619/Tabanan Lanjutkan Program Jambanisasi

  • 14 Juli 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3749 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1619/Tabanan kembali melanjutkan program sosialnya ke masyarakat. Setelah melakukan penanaman padi di Subak Rejasa, Kecamatan Penebel, pada Kamis (14/7/2016), jajaran yang dipimpin Komandan Kodim (Dandim) 1619/Tabanan Letkol Inf Herwin Gunawan melakukan jambanisasi di Banjar Jatiluwih Kangin, Desa Jatiluwih, Penebel.

Dalam keterangannya, Letkol Inf Herwin Gunawan menyebutkan bahwa program jambanisasi ini merupakan bentuk kepedulian serta keikutsertaan TNI dalam program kesehatan masyarakat. Salah satunya dengan menyediakan tempat buang air besar (BAB) yang layak.

"Ini bentuk peduli Kodim 1619/Tabanan bagi warga yang belum memiliki jamban," ujar Herwin Gunawan.

Dia berharap, setelah tersedianya jamban dapat mengurangi kebiasaan BAB sembarangan yang menjadi sumber bibit dari segala penyakit. Dan dikatakan, program ini juga untuk membantu pemerintah daerah dalam bidang kesehatan.

"Harapan utamanya, jangan sampai ada lagi masyarakat yang BAB sembarang. Karena kebiasaan inilah yang menjadi sumber bibit berbagai penyakit,” imbuhnya.

Sementara itu, warga yang mendapatkan bantuan jambanisasi, I Nyoman Winasa,46, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak Kodim 1619/Tabanan. Dikatakan, dengan adanya jambanisasi, dia dan keluarganya tidak repot lagi buang air di malam hari. “Dulu kalau buang air besar itu di ladang apalagi kalau pas malam hari sangat susah," ungkapnya. ang/hai

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER