Jelang Arus Mudik, Polres Jembrana Gelar Apel Pasukan

  • 30 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 3736 Pengunjung
suaradewata

Jembrana, suaradewata.com - Menjelang puncak arus mudik, Polres Jembrana, mengadakan apel gelar pasukan pengamanan hari raya idul fitri 1437 H tahun 2016, bertempat di areal pelabuhan Gilimanuk Jembrana. Apel yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Polda dan polres ini bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir personel beserta kelengkapannya , baik dari polri maupun unsur terkait yang terlibat pengamanan.Rencananya, operasi pengamanan ini akan berlangsung selama 16 hari, dengan sandi operasi ramadniya, menggantikan sandi sebelumnya ketupat. kamis ( 30/6)

Apel diikuti oleh unsur polri, TNI, satuan SKPD seperti pol pp, perhubungan, penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran serta unsur pecalang dan masyrakat. Apel juga dihadiri unsur pimpinan komunikasi daerah Jembrana. Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Jembrana I Putu Artha.

Membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan, mudik yang disertai peningkatan aktivitas masyrakat mempunyai implikasi terhadap lonjakan arus pergerakan orang dan barang. Karena itu peningkatan aktivitas ini harus dikelola dengan baik agar tidak terjadi permasalahan kamtibnas dan lantas, baik waktu menjelang maupun pasca hari raya.  Menurut data kementerian perhubungan tahun 2016, diprediksi pemudik yang menggunakan angkutan umum mencapai 17,6 juta orang. Sedangkan pemudik yang menggunakan mobil pribadi sebanyak 2,4 juta sedangkan pemudik bermotor sebanyak 5,6 juta. Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-4 dan arus bali pada H+3. Oleh karena itu langkah-langkah antisipatif dianggap perlu diambil , diantaranya tindakan preventif, penegakan hukum, kuratif, rehabilitasi dengan didukung kerjasama yang sinergis dengan unsur terkait serta mitra kamtibnas.

Dalam menggelar operasi ramadniya 2016 secara optimal nanti, polri akan menurunkan kekuatan sebanyak 158.402 personil baik dari mabes polri, maupun polda dan instansi terkait lainnya. Kekuatan ini juga akan didukung oleh pos pengamanan sebanyak 3097 serta 1112 pos pelayanan.

Operasi Gelar pasukan berlangsung dengan lancar dan tertib, kendati hujan deras sempat turun disela-sela upacara. Seusai upacara Bupati Jembrana I Putu Artha, Kapolres Jembrana AKBP Djoni  Widodo, Dandim 1617 Letkol Inf Sansan Iskandar serta Kajari Negara Anton Delianto, bersama-sama mengecek kelengkapan personil beserta kendaraan operasional yang akan digunakan guna menunjang operasi berlangsung.dep


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER