Jelang Lebaran 140 Awak Pesawat Dites Urine

  • 29 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 3024 Pengunjung
ilustrasi

Denpasar, suaradewata.com - Kepala Otoritas Bandara Ngurah Rai Bali Yusfandri Gona dikonfirmasi Rabu (29/06/2016) menjelaskan, lebih dari 140 orang pilot dan crew pesawat dari puluhan maskapai menjalani test urine di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Menurutnya, test urine tersebut merupakan satu rangkaian dengan upaya keamanan dan kenyamanan mudik melalui jalur udara.

"Lebih dari 140 orang yang sudah ditest urinenya. Mereka terdiri dari pilot, pramugari, mekanik dan crew lainnya. Test dilakukan sudah sepekan ini secara bertahap," ujarnya.

Menurutnya, dari hasil test tersebut belum diketahui apakah ada yang positif atau negatif. Hanya dipastikan ada beberapa pilot dan crew yang diketahui mengkonsumsi obat-obatan tetapi bukan obat terlarang. Saat dicek diketahui jika pilot dan crew tersebut baru beberapa jam sebelumnya menelan obat flu sehingga diketahui positif obat namun bukan obat terlarang.

"Mereka diketahui mengkonsumsi obat flu sebelumnya, sehingga diketahui positif, tetapi bukan obat terlarang," ujarnya. Test urine dalam rangka mudik kali ini dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bekerja sama dengan BNN Provinsi Bali dan Kabupaten Badung.

Ia juga menyatakan jika test tersebut akan dilakukan secara rutin dengan bekerja sama BNNP Bali dan KKP, berserta tim kesehatan lainnya. Tujuannya agar semua pilot dan crew pesawat bersih dari narkoba dan zat berbahaya lainnya. Pemeriksaan akan dilakukan sewaktu-waktu tanpa diberitahu terlebih dahulu. ids


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER