Jumlahnya Satu Unit, Perpustakaan Keliling Belum Optimal

  • 14 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3367 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Kebiasaan membaca buku yang dilakukan masyarakat desa di Kabupaten Tabanan rupanya mulai mengalami peningkatan. Setidaknya, ini bisa dirasakan petugas Perpustakaan Keliling dari Kantor Perpustakaan dan Arsip (Persip) Kabupaten Tabanan.

Cuma sayangnya, keberadaan mobil Perpustakaan Keliling yang menjadi hal utama dalam membudayakan kebiasaan membaca buku masyarakat rupanya masih belum optimal. Ini lantaran jumlahnya yang hanya satu unit saja.

Menurut Kepala Seksi Dana dan Layanan Perpustakaan Kantor Persip Kabupaten Tabanan I Gusti Agung Srihati,53, minat baca buku di tengah masyarakat sejatinya sudah mulai mengalami peningkatan. Terutama di kalangan siswa. Apalagi, dalam setahun mobil Perpustakaan Keliling dijadwalkan beroperasi selama satu semester. Daerah utama yang di sasar adalah desa-desa dan sekolah-sekolah.

“Hanya sejauh ini, keinginan masyarakat itu baru bisa dipenuhi oleh satu mobil Perpustakaan Keliling. Sebetulnya, sudah dimohonkan ke pemerintah pusat agar ditambah lagi. Sehingga, bisa menjangkau lebih luas lagi,” ujar Srihati, Selasa (14/6/2016).

Dikatakan, dengan jumlah Perpustakaan Keliling yang masih satu unit jelas tidak optimal melayani animo masyarakat untuk membaca. Terutama para siswa SD yang gandrung dengan buku-buku komik dan cerita bergambar.

“Jelas tidak optimal. Apalagi siswa-siswa SD cukup banyak yang mencari dan membaca buku-buku komik dan cerita bergambar. Kita berharap ada tambahan Perpustakaan Keliling dari pemerintah pusat,” tandasnya. ang

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER