Gedung RSJ “Terbakar”, Puluhan Pasien dan Staf Nyaris Terpanggang

  • 07 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 4617 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Kebakaran hebat melanda gedung RSJP Bali yang berkedudukan di Kabupaten Bangli, Selasa (7/6/2016). Akibatnya, puluhan pasien termasuk staf dan pegawai RSJP nyaris terpanggang hidup-hidup. Kejadiannya sendiri berlangsung sekitar pukul 14.00 wita.

Atas kejadian tersebut, kepanikan pun melanda. Sejumlah personel keamanan dan staf kebakaran berlarian berupaya mengambil selang peralatan pemadam kebakaran yang disimpan di gudang.

Dengan kondisi yang gugup, mereka berusaha mencantolkan  selang dengan pompa hydran yang ada di halaman tengah RSJ, agar bisa menyemprotkan air untuk ruangan yang terbakar.

Ironisnya, di tengah upaya pemadaman api tersebut selang yang digunakan justru banyak mengalami kebocoran. Meski demikian, setelah berjuang selama setengah jam, kebakaran hebat tersebut berhasil dipadamkan.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kebakaran tersebut menyebabkan puluhan pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan pegawai sempat shock.

Meski demikian, semua kejadian tersebut bukanlan kejadian yang sebenarnya. Melainkan, semua itu adalah bagian dari skenario pelatihan atau simulasi yang sengaja digelar untuk mengantisipasi kebakaran yang digelar di RSJ.

Dalam simulasi tersebut, gedung RSJ yang terbakar dibuat berupa pondok semi permanen.

Kasubag Kepegawaian RSJ Provinsi di Bangli I Wayan Murjana menyatakan, simulsi tersebut sengaja digelar untuk melatih kesiapan dan kesigapan pihak RSJ jika terjadi kebakaran yang tidak diinginkan. Baik dalam sekala kecil maupun besar.

“Pelatihan ini kita gelar untuk melatih kesiapan personil RSJ untuk mengantisipasi jika terjadi kebakaran. Langkah-langkah upaya pemadaman itu yang kita latih agar semua personil benar-benar siap, jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” ungkapnya.

Oleh karena itu, pelatihan saat itu melibatkan puluhan pegawai, terutama tenaga pengamanan dan perwakilan dari masing-masing  unit/bagian di lingkungan RSJ Bali. Dalam pelatihan ini, pihaknya bekerjasama dengan Damkar Bangli.ard

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER