Pemedek Diharapkan Lebih Waspada

  • 06 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 5154 Pengunjung
suaradewata

Klungkung, suaradewata.com - Jelang piodalan di Pura Penataran Ped, Nusa Penida yang akan berlangsung, Rabu (8/6) besok. Para pemedek dari luar pulau diharapkan untuk waspada terkait buruknya cuaca khususnya gelombang laut yang terjadi belakangan ini.  Pihak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Klungkung hingga UPT. Pelabuhan Penyebrangan Nusa Penida akan memantau langsung sejumlah terkait lancarnya penyebrangan dari menuju pulau Nusa Penida.

"Kami sudah tegaskan kepada pemilik boat, jangan sampai ada kapal yang over kapasitas penumpang, dan selalu mengutamakan keselamatan penumpang," jelasnya.

Akses menuju Nusa Penida bisa ditempuh melalui pelabuhan tradisional Pesinggahan dan Kusamba yang ada di Klungkung daratan dan pelabuhan Sampalan, Buyuk dan Toya Pakeh yang ada di pulau Nusa Penida.

Dishubkominfo terus akan melakukan koordinasi dengan Syahbandar untuk mengawasi dan menyarankan pemilik kapal boat agar selalu memperhatikan penumpang hingga cuaca di laut.

Sementara untuk penyeberangan yang menggunakan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi, kepala UPT Pelabuhan Penyebrangan Nusa Penida, I Dewa Gede Agus Swarmahendra menegaskan  bahwa selama piodalan di Pura Penataran Ped, pihaknya tidak akan melakukan penyeberangan laut dari Nusa Penida ke pelabuhan Gunaksa, Kecamatan Dawan. "Walaupun sudah ada uji coba pelabuhan Gunaksa, Kapal Roro Nusa Jaya abadi belum berani melayani masyarakat di pelabuhan tersebut karena faktor gelombang laut yang tinggi," ujarnya.

Swarmahendra menginstruksikan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi untuk memanfaatkan pelabuhan Padangbai, Karangasem sebagai tempat bersandar hingga menjemput penumpang yang ingin ke Nusa Penida. Perlu diketahui Kapal Roro Nusa Jaya Abadi mampu mengangkut 182 orang, dan kendaraan roda empat sebanyak 8 hingga roda dua sejumlah 40 dari Nusa Penida ke pelabuhan Padangbai, begitu juga sebaliknya.

Kalau harga tiket, setiap orang akan dikenakan biaya Rp 27.800 apabila berangkat dari Nusa Penida, sedangkan dari pelabuhan Padangbai setiap orang akan dikenakan biaya Rp 31.000. Jul


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER