Barong Sae Ikut Meriahkan Festival Ulundanu Beratan

  • 06 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3612 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com  - Festival ke 3 DTW (Daya Tarik Wisata) Ulundanu Beratan, Desa Candi Kuning Baturiti Tabanan telah dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kementerian Pariwisata RI Husein Alydrus mewaklili menteri Pariwisata. Berbagai atraksi budaya dan eknik ditampilkan dalam pembukan tersebut. Yang menarik, dalam pembukaan tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan Barong Sae, Minggu, (05/06/2016).

Bertempat diaeral  pura Ulundanu acara pembukaan diawali dengan parade budaya yang dibuka sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa sekitar pukul 09.30 wita. Dilanjutkan dengan Pawai mengambil star di area pemelasatian pure beji Beratan serta atraksai seni di wantilan pure beratan disaksikan para undangan, Urutan paawai dan pentas  pertama oleh sekehe Baleganjur dan gebogan  Batunya disusul berselang/ masa tempo  lima belas menit kemudian masaing-masing  kontingen : Baleganjur Pemuteran, Rudat kampung candikuning II, Baleganjur dan gebogan Candikuning I, Baleganjur dan gebogan Pacung, Barong Sae Baturiti, Tari sekar sandat.

Penampilan barong sae kontan saja menarik pengunjung dan wisatawan yang hadir. Pasalnya kesenian barong sae satu-satunya kesenian luar bali yang ditampilkan di arena festival tersebut.”ini menunjukkan kolaborasi budaya yang luar biasa di kawasan tersebut,” celetuk salah satu pengunjung. Bahkan Staf Ahli Ekonomi dan Kawasan Pariwisata Kementerian Pariwisata RI Husein Alydrus sangat mengapresiasi festival Ulundanu tersebut. ”Saya baru pertama kali kesini, dan kami melihat sesuatu yang luar biasa dan saya puas,” ucapnya disela-sela meninjau stand stand pameran dikawasan tersebut. Kata dia disamping  alamnya yang cantik, budaya yang yang dimiliki ada satu yang paling membanggakan yakni karaketer masyarakat sekitar. “Coba liat festival ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat sekitar dan ini adalah sesuatu yang luar biasa bagi kami,” ucapnya.

Semntara Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengaku bangga dengan kebersamaan yang ditunjukkan masyarakatnya dalam mengwujudkan festival ke 3 kali ini. “Ini sesuatu yang patut dicontoh oleh daerah lain,” ucapnya. Soal penampilan barong sae pihaknya juga memberikan apresiasi yang tinggi. “Kedepan buka hanya barong sae namun juga kesenian lain perlu ditampilkan,”ucapnya. Ditambahkan Tabanan memiliki warisan leluhur yang sangat luar biasa menjadi tujuan wisata nasaional dan internasional. Khusus untuk danau beratan kata dia kabarnya adalah danau tercantik diseluruh dunia. Disamping itu danau beratan merupakan kawasan suci dan sejuk yang perlu dijaga bersama.ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER