Uji Coba Dermaga Gunaksa Berjalan Alot

  • 01 Juni 2016
  • 00:00 WITA
  • Klungkung
  • Dibaca: 4819 Pengunjung
suaradewata

Klungkung, suaradewata.com – Uji coba perdana Dermaga Gunaksa pada Rabu (1/6/2016) berjalan alot. Butuh waktu 30 menit bagi kapal Roro Nusa Jaya Abadi, kapal yang dipakai untuk uji coba, melakukan manuver bersandar dengan nyaman di dermaga yang baru selesai pengerjaannya. Belum lagi, gelombang yang kurang bersahabat membuat kapal tidak berhasil menurunkan ramdor.

Proses sandarnya kapal bisa dibilang rumit. Kru kapal membutuhkan tiga tambang untuk mengikat kapal untuk memperlancar prosesnya. Sempat beberapa kali terjadi  tabrakan pada bagian lambung kapal dengan fender atau dinding dermaga. Namun, karena kondisi salah satu tali tambang yang sudah lapuk dan kondisi cuaca kurang bersahabat, nahkoda kapal memutuskan untuk mengurungkan proses sandar. Kapal roro akhirnya balik kandang ke Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida.

“Karena pertimbangan sejumlah tali tross sudah tidak kuat menahan kapal makanya sangat berbahaya kalau dilanjutkan,’’ unkap Ketut Artika, Kadishub Provinsi Bali.

Menurut dia, pihaknya akan menunggu tim yang akan melakukan analisis dan menilai terkait uji coba yang telah dilakukan sekarang. “Secara keseluruhan hasil uji coba kali ini. Kapal sudah bisa sandar,” tegasnya.

Dermaga Gunaksa memang menjadi idaman warga Nusa Penida, dengan adanya dermaga yang merupakan sandingan Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida diharapkan alur transportasi lintas pulau bisa berjalan dengan lancar.

Bahkan, salah satu warga Nusa Penida, Ketut Wenten, datang langsung menyaksikan proses uji coba Dermaga Gunaksa. “Dermaga ini merupakan harapan warga Nusa Penida, bahkan Bali pada umumnya,” ujar Ketut Wenten.

Selama ini, menurut Wenten, Kapal Roro Nusa Jaya Abadi hanya bisa melayani hanya satu trip pelayaran dan meminjam dermaga di pelabuhan Padang Bai, Karangasem.

“Dengan segera beroperasi Dermaga Gunaksa, saya berharap ada tiga trip penyeberangan. Kalau bisa pada saat piodalan di Pura Penataran Ped yang jatuh pada 8 Juni 2016 ini bisa beroprasi,” tegasnya. jul

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER