Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Implementasikan Ekonomi Kerakyatan, Bupati Eka Terima INewsmaker Award 2016

  • 25 Mei 2016
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3104 Pengunjung
istimewa

Jakarta, suaradewata.com – Program ekonomi kerakyatan di Kabupaten Tabanan mendapat apresiasi dari tim INewsmaker Awards 2016. Selaku pejabat pemerintah, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menyisihkan ratusan pejabat lainnya di Indonesia. Acara penganugerahan iNewsmaker Awards 2016 dilaksanakan pada Selasa (24/5) dan disiarkan langsung stasiun TV nasional berjaringan iNews TV. Acara diadakan di Studio 8 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mengusung tema “Satukan Indonesia”.

Kepada awak media, Bupati Eka mengucapkan astungkara atas apresiasi yang diperoleh di ajang bergengsi itu. Menurut dia, apa yang dicapai itu semua karena rakyat Tabanan. “Ini wujud sinergitas antara semua komponen, wujud kebersamaan rakyat Tabanan” katanya.

Bupati Eka memaparkan, konsep ekonomi kerakyatan di daerahnya bersumber dari potensi utama daerah yaitu pertanian. “Ekonomi kerakyatan kami gerakkan mulai dari desa,” ujar Eka.

Lebih jauh dijelaskan, salah satu program unggulan dalam memberdayakan ekonomi kerakyatan adalah program Beras Sehat. Dimana beras diproduksi melalui sistem pertanian organik dan petani mendapat kepastian dalam menjual hasil produksinya. “Harganya lebih mahal sampai dua ribu rupiah dibandingkan harga pasaran. Pasar sendiri dibuka lebar melalui Bumdes,” jelasnya.

Di Tabanan, BUMDes merupakan bagian dari program Kreatif Bersama Membangun Ekonomi Masyarakat (Keramba Emas). Untuk eksistensi BUMDes pemerintah daerah memberikan modal usaha awal sebesar 200 juta. “Kita konsisten untuk mengawal dari hulu sampai hilir sehingga ekonomi bergerak lebih cepat memuluskan jalan menuju Tabanan yang serasi,” imbuhnya.

Dalam ajang tersebut ada tujuh kategori yang diperebutkan nominator iNewsMaker Award 2016. Di antaranya, kategori sosial kemasyarakatan, olahraga, tokoh fenomenal, selebriti, pejabat publik, profesional, serta lifetime achievement.

Selain itu, ada pula tujuh pemberian apresiasi kepada tokoh inspiratif di pemerintahan dan universitas, antara lain apresiasi untuk tokoh yang aktif memerangi kekerasan anak, kementerian layanan khusus publik, menteri paling inovatif, menteri inisiator teknologi, bupati yang berpihak pada ekonomi kerakyatan, wali kota yang mendorong peningkatan infrastruktur dalam rangka kesejahteraan daerah dan universitas berprestasi berbasis IT.

Terlihat sejumlah tokoh menghadiri acara yang digelar untuk kali kedua, di antaranya sejumlah menteri di Kabinet Kerja seperti Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Arief Yahya dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Hadir pula Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ade Komarudin, dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana alias Haji Lulung.

Direktur Pemberitaan MNC Grup, Arya Sinulingga mengatakan, hadirnya para tokoh dan pejabat itu menunjukkan iNews TV semakin memantapkan posisinya di masyarakat dan para tokoh masyarakat sebagai stasiun televisi berita.

"Ini menunjukkan memang dari segi stasiun iNews memang semakin diakui sebagai televisi berita yang mempnyai perbedaan lain sehingga bisa jadi alternatif bagi bangsa Indonesia dalam mendapat televisi berita," ujar Arya. (gin)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER