Gara-gara Merokok di Pesawat, Warga Hongkong Diamankan

  • 23 Mei 2016
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 3700 Pengunjung
ilustrasi

Badung, suaradewata.com - Kapolsek KP3 Bandara Ngurah Rai, Kompol I Made Krisnha Mahardhika menjelaskan, seorang penumpang maskapai Citilink rute Surabaya-Denpasar bernama Liem Nang Sang diamankan oleh oleh anggota dari Polsek KP3 Bandara Ngurah Rai dan Security Otoritas Bandara Ngurah Rai Bali pada Senin siang (23/5). Menurut Krisnha, Nang Sang diamankan karena kedapatan merokok dalam pesawat saat terbang dari Surabaya menuju Denpasar dengan Citilink QG-621.

"Sebenarnya pihak kepolisian tidak mau terlibat karena pemandangan yang kurang enak bagi penumpang di bandara. Seperti kelihatan heboh, ada polisi masuk ke dalam area bandara. Tetapi karena pelaku protes, melawan, maka kita perintahkan anggota untuk menangkap dan sempat dibawa ke Kantor Mapolsek KP3 Bandara Ngurah Rai Bali," ujarnya.

Setelah berada di Kantor Mapolsek, pelaku diberikan penjelasan secara baik-baik, bahwa peraturan dan UU Perhubungan dimana pun di dunia ini dan Indonesia khususnya, penumpang dilarang merokok di atas pesawat kecuali ada izin maskapai. Sementara pelaku merokok di toilet, membawa korek api ke toilet dan sebagainya.

"Setelah dijelaskan demikian, pelaku akhirnya mau diajak ke Penyidik PPNS di Kantor Otoritas Bandara Ngurah Rai. Karena kewenangan penyidikan ada di Otoritas Bandara, maka kami akhirnya mengantar pelaku ke Otoritas Bandara. Pelaku akhirnya dengan kesadaran sendiri berangkat ke Kantor Otoritas Bandara dengan dikawal ketat petugas baik dari kepolisian maupun pengamanan bandara," ujarnya. Pelaku berasal dari Hongkong Special Administrative Rergior, People’s Republic of China (Hongkong SAR).

Awalnya, pelaku asal Hongkong kelahiran tahun 1977 itu berangkat dari Surabaya ke Denpasar. Ternyata dalam perjalanan tersebut, pelaku membawa rokok dan korek api yang luput dari deteksi X-Ray di Bandara Juanda Surabaya. Perbuatan pelaku sangat mengganggu keselamatan penerbangan yaitu merokok didalam toilet pesawat Citilink QG-621 dari Surabaya menuju ke Denpasar. Aksi merokok di toilet diketahui oleh Faturrohman, selaku SQC Citilik Airlines Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Menurutnya, sekitar pukul 09.30 Wita, Flops (Flight Operastions) Citilink di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, menerima informasi dari PIC (Pilot In Command) Citilink Airlines QG-621 route Surabaya ke Denpasar, Capt Pilot Teguh Kristyanto via komunikasi radio contact company, bahwa cabin crew/ flight attendant (pramugari) mendapati salah seorang penumpang yang duduk di seat number 26F, merokok di dalam toilet pesawat.

Atas informasi tersebut, FOO/ Flight Operation Officer pada Flops (Flight Operastions) Citilink Airlines di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merespon dengan memberikan informasi lanjutan ke security Citilink Airlines dan Polsek Kawasan Udara Ngurah Rai serta Security PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai, untuk dilakukan langkah-langkah penanganan lebih lanjut. ids


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER