Jelang SNMPTN, Lulusan SMA Serbu Try Out

suaradewata.com

Amlapura, suaradewata.com -panasnya persaingan peserta yang diprediksikan akan terjadi saat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) cukup membuat para lulusan SMA harus berjuang keras agar bisa lulus dan masuk keperguruan tinggi negeri idaman mereka, mengingat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi primadona bagi lulusan SMA untuk melanjutkan studi mereka karena biaya perkuliahan yang jauh lebih murah dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Besarnya animo lulusan SMA yang mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di beberapa PTN terlihat dari berbagai uji coba atau Try Out yang digelar oleh beberapa institusi, seperti yang dilaksanakan oleh DPC PDIP Karangasem, tercatat ada sebanyak 300 orang peserta dari lulusan SMA/SMK/ MA sederajat terlihat antusias mengikuti Try Out SBMPTN yang digelar di gedung sekretariat setempat Sabtu (21/5).

Penyelenggaraan Try Out SBMPTN yang digelar PDIP ini memang tidak main-main lantaran seluruh soal dan jawaban soal Try Out didatangkan langsung dari Jakarta dengan  pendekatan SBMPTN yang akan digelar oleh PTN nanti. “Soal Try Out ini cukup sulit dan diluar dugaan kami, tapi dengan seperti ini kami bisa memprediksikan jika soal SBMPTN nanti bakal mirip seperti ini,” sebut Andika Prima Dewi, salah satu peserta dari Desa Seraya, Karangasem yang juga lulusan salah satu SMA favorit di Karangasem.

Try Out yang dilaksanakan tersebut memang dirancang semirif mungkin dengan SBMPTN yang akan digelar di PTN nanti, mulai dari persiapan waktu mulai hingga lama waktu mengerjakan soal yang diberikan, termasuk pembagian kelas IPA dan IPS. Untuk “Try Out ini serempak diselenggarakan oleh PDIP diseluruh Indonesia, dan ini merupakan program dari DPP,” tegas Ketua DPC PDIP Karangasem, I Gede Dana, kepada wartawan.

Ini menurutnya sebagai langkah untuk membidik siswa berprestasi Karangasem dimana PDIP akan memprogramkan pemberian biaya kuliah bagi siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu, selain pula untuk menambah jumlah peserta SBMPTN asal Karangasem agar bisa lulus dan diterima di PTN yang ada. Pihaknya optimis kegiatan ini akan sangat berguna bagi peserta agar tidak kelabakan dalam menjawab soal SMPTN nanti. “Kegiatan ini akan kita selenggarakan rutin setiap tahunnya,” pungkas Gede Dana.nov


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER