Tekan Pelanggaran Dan Kecelakaan, Polres Gianyar Gelar Operasi Patuh 2016

  • 16 Mei 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 5238 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.comSetelah melaksanakan Operasi Simpatik di Bulan Maret lalu, kini Polri menggelar Operasi Patuh Agung 2016secara serentak di seluruh Indonesia mulai hari ini Senin (16/5) sampai tanggal 29 Mei nanti. Selain melaksanakan Operasi Patuh 2016, Polres Gianyar juga secara resmi melaunching Unit Cepat Cegah Laka (UCCL) dan pesan kamtibnas melalui pesan singkat atau sms.

Jika pada Operasi Simpatik ditekankan pada teguran jika terjadinya pelanggaran berkendara, pada Operasi Patuh Agung 2016 yang ditekankan pada sektor lalu lintas akan melakukan penindakan tegas pelanggaran lalu lintas. Sasaran Operasi Patuh 2016 antara lain, kelengkapan kendaraan bermotor, tata tertib lalu lintas dan penyuluhan keselamatan di jalan raya. Kapolres Gianyar, AKBP Waluya, SIK, menjelaskan, sebelum terjadinya pelanggaran yang berujung kecelakaan akan dilakukan tindakan preemtive yakni mencegah sebelum terjadi seperti penyuluhan ke sekolah-sekolah dan masyarakat umum, pemasangan pesan keselamatan melalui spanduk dan baliho di jalur rawan kecelakaan. “Kita juga melakukan tindakan preventife seperti pengaturan lalu lintas, patroli dan kegiatan cipta kondisi” jelas AKBP Waluya.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk Operasi Patuh 2016 Polres Gianyar juga meresmikan Unit Cepat Cegah Laka (UCCL) yang sejalan dengan sasaran Operasi Patuh. Tim ini terdiri dari 2 Brigade Motor, 1 Sedan Patwal dan 1 Mobil Ranger yang bertugas patroli ke daerah rawan pelanggaran. Tim menindak setiap pelanggaran kasat mata yang terjadi saat dilakukan patroli yang dilakukan sewaktu-waktu dan dalam rentang waktu yang cepat. “Jangan nanti ada lagi yang hanya patuh dan taat ketika ada petugas, kewajiban berkendara harus selalu dilengkapi apalagi oleh petugas sebagai contoh bagi masyarakat” tambah eks Kabag Ops Polres Buleleng ini.

Kasat Lantas Polres Gianyar, AKP Pius Loda menambahkan, Polres Gianyar juga bekerjasama dengan salah satu provider selular untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas melalui layanan pesan singkat atau sms. Setiap hari akan ada 1000 sms yang diterima oleh masyarakat Gianyar agar saat berkendara selalu siap dengan kelengkapan berkendara dan tetap waspada saat di jalan. “Pesan akan diterima lewat handphone (HP) yang berisikan pesan kamtibmas setiap hari kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Gianyar yang berjumlah puluhan ribuan” ungkap AKP Pius.

Sedangkan dalam operasi Patuh 2016 akan menekankan beberapa titik rawan di wilayah Sukawati, Blahbatuh dan Gianyar. Karena ketiga wilayah tersebut merupakan perlintasan bypass IB Mantra yang rawan kecelakaan lalu lintas. Dari data yang diperoleh 46% kasus kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia terjadi di jalur Bypass IB Mantra akibat kecepatan tinggi, human error maupun kurangnya penerangan jalan. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER