Ratusan Blogger Tiongkok Explorasi Pariwisata Indonesia

  • 12 Mei 2016
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2976 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com – Sedikitnya 101 orang blogger dari Tiongkok menjelajah dan mempromosikan wisata Indonesia di Baidu Travel Summit, Kamis (12/5/2016). Event ini terselenggara berkat kerja sama Baidu, sebuah perusahaan berbasis teknologi dengan Kementerian Pariwisata RI.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, I Gde Pitana, mengatakan bahwa kemitraan strategis ini dinilai penting demi mewujudkan target kunjungan 10 juta wisatawan Tiongkok ke Indonesia pada tahun 2019.

"Jumlah wisatawan yang melakukan kunjungan ke luar negeri dari tahun ke tahun terus meningkat secara signifikan. Kita telah menyiapkan banyak destinasi wisata untuk mereka melalui kampanye Wonderful Indonesia. Digital dan promosi online merupakan salah satu kanal terbesar bagi kita untuk menjaring wisatawan Tiongkok. Besarnya minat masyarakat Tiongkok untuk melakukan perjalanan ke luar negeri merupakan potensi besar yang harus digarap secara strategis”, ujar Pitana di Nusa Dua, Kamis (12/5/2016).

Tiongkok merupakan negara dengan wisatawan outbound terbesar di dunia, dengan 83% wisatawan menentukan destinasi dan mengatur perjalanan wisatanya secara online. Menurut data CITM (China International Travel Monitoring) 2014, para wisatawan Tiongkok menggunakan kanal-kanal seperti online travel website sebanyak (50%) disusul online review website (47%), social media (33%) dan aplikasi pencari mobile  (30%).

Baidu Travel Summit merupakan acara tahunan yang diperuntukkan bagi user Baidu Travel, pelaku industri, dan para KOL (Key Opinion Leader)  yang selalu dilaksanakan di Tiongkok. KOL atau Key Opinion Leader ini adalah orang-orang yang memiliki pengaruh di dunia maya, seperti para blogger dan pakar travel.

Tahun ini, untuk pertama kalinya Baidu Travel Summit akan diadakan di Indonesia, pada 12 Mei 2016, bertempat di Bali dengan mengundang 101 KOL dari Tiongkok. (ids)


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER