Lindungi TKI Gianyar Meresmikan LTSP

  • 15 April 2016
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3073 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com – Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, yang diwakili Dirjen. Binapenta Kementerian Ketenagakerjaan, meresmikan pengoperasian Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Penempatan, Perlindungan dan Perluasan Kesempatan Kerja Kabupaten Gianyar,  di  jalan raya Buruan, Blahbatuh, Jumat (15/4)

Drs. Hery Sudarmanto, Dirjen Binapenta Kementerian Ketenagakerjaan memberikan apresiasi dan memuji  terobosan yang dilakukan  Pemerintah Kabupaten Gianyar dengan membentuk LTSP bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja ke luar negeri.

Menurutnya,pembentukan LTSP untuk mengoptimalkan  kwalitas layanan sehingga menjadi lebih fokus dan terkonsentrasi, dimana seluruh pelayanan dokumen ketenagakerjaan yang menjadi kewenangan Disnakertrans, Disdukcapil, Kantor Imigrasi, Kepolisian, BP3TKI, PPTKIS, LPKS, Dinas Kesehatan, RSUD  dan SKPD terkait, dapat terlayani dalam satu kantor, sejak tahap permohonan sampai ke tahap pengambilan dokumen, sehingga layanan penempatan, perlindungan dan perluasan kesempatan kerja menjadi optimal, menurunkan pengangguran, dan peningkatan kesejahteraan tenaga kerja.

“Ini juga untuk menghindari  praktek percaloan sehingga masyarakat mendapat pelayanan  cepat dan  nyaman,” ujarnya.

Sementara Bupati Gianyar A.A.Gde Agung Bharata,  mengatakan Tenaga kerja Gianyar saat ini, semakin cerdas, seiring meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya. Kecerdasan ini menunjukkan kualitas tenaga kerja Gianyar semakin meningkat, dan tuntutan akan pelayanan ketenagakerjaan juga semakin meningkat. Pembentukan layanan ketenagakerjaan dengan pola pelayanan terpadu satu pintu, merupakan wujud nyata dan komitmen Pemerintah Kabupaten Gianyar, untuk memberikan layanan prima, dan sekaligus memenuhi tuntutan tenaga kerja Gianyar, yang akan bekerja di luar negeri. 

Peresmian pengoperasian LTSP, mencatat babak baru dan sejarah baru dalam bidang pelayanan ketenagakerjaan, khususnya pelayanan penempatan, perlindungan, dan perluasan kesempatan kerja di Kabupaten Gianyar. 

Bupati Agung Bharata berharap, dengan pengoperasian LTSP ini, kemudahan dalam pelayanan ketenagakerjaan yang sudah cukup lama didambakan oleh tenaga kerja Gianyar, dapat segera terwujud, motivasi tenaga kerja untuk bekerja diluar negeri akan semakin meningkat, dan pada akhirnya akan mengurangi pengangguran di Kabupaten Gianyar. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gianyar,  Drs. Gede Widarma Suharta, MM, melaporkan,  sejak  22 Pebruari – 14 April telah dilakukan uji coba pelayanan dan selama 54 hari pelaksanaan uji coba pelayanan, telah terlayani sebanyak 3724 orang  tenaga kerja dalam berbagai jenis layanan diantaranya,  Layanan Pendaftaran Pencari Kerja (AK-1), Pendaftaran Penerbitan Rekomendasi Pasport, Layanan Legalisir Perjanjian Kerja TKI, Layanan Bursa Kerja Online, Konsultasi TKI luar negeri dan lainnya

Sementara  tahun 2015 jumlah tenaga kerja Gianyar yang berangkat  ke luar negeri sebanyak 850 orang, dan sejak Januari sampai dengan Maret 2016 sebanyak 386 orang, atau  rata-rata setiap bulannya sebanyak 125 orang, jumlah  ini belum termasuk tenaga kerja Gianyar yang berangkat keluar negeri, tanpa menggunakan KTKLN, yang sampai saat ini belum tercatat, dan diperkirakan   jumlahnya dua kali lipat dari jumlah yang tercatat. Ada 10 lembaga yang bergabung di LTSP, dengan 15 jenis  layanan yang disediakan bagi tenaga kerja, dalam  maupun luar negeri. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER